Cara Mengukur Kualitas Tulisan Blog
Cara Mengukur Kualitas Tulisan Blog

Cara Mengukur Kualitas Tulisan Blog, Pemula Harus Cek Tulisannya

Cara Mengukur Kualitas Tulisan BlogKualitas tulisan pada blog tidak hanya dapat manusia (pengunjung) lihat, tetapi juga oleh robot (mesin pencari). Oleh karena itu kualitas tulisan tidak hanya blogger peruntukkan guna menarik minat calon pengunjung tetapi juga robot.

Masalahnya adalah bagaimana menarik minat dari robot.

Untuk menarik minat dari robot maka diperlukan teknik SEO.

Sebuah artikel yang baik dari sudut pandang pembaca belum tentu baik di mata robot dan juga sebaliknya. Oleh karena itu, penerapan teknik SEO jangan sampai mengaburkan pesan yang ingin blogger sampaikan kepada pembaca.

Artikel berkualitas pada blog adalah artikel yang ramah di mata mesin pencari dan juga memiliki nilai manfaat buat pembaca.

Tampaknya hal ini akan menjadi sebuah pekerjaan tersendiri. Ternyata penulisan artikel pada blog berbeda dengan artikel pada umumnya. Untuk memudahkan dalam menghasilkan sebuah tulisan berkualitas di mata pembaca dan mesin pencari maka kami akan berbagi tentang cara mengukur kualitas tulisan pada blog.

Cara Mengukur Kualitas Tulisan Blog yang Tepat

  • Tulisan Original

Tulisan yang blogger hasilkan pada blog harus original. Pada dasarnya robot hanya membaca kode, sehingga kesamaan kode membuat tulisan blogger jadi tidak original dan bisa kita pastikan merupakan salinan dari blog lain yang lebih populer.

Blog lain lebih populer maksudnya adalah blog lain yang punya tulisan sama namun memiliki pengunjung lebih banyak pada artikel tersebut atau lebih dahulu terindeks pada mesin pencari.

Sesungguhnya sebuah tulisan yang blogger buat berdasarkan pengetahuan dan pengalaman sendiri akan lebih baik di mata mesin pencari dan juga pembaca.

Analogi sederhananya adalah guru kelas akan lebih memberikan nilai plus kepada siswa yang memiliki jawaban sendiri meskipun kurang tepat daripada jawaban benar yang hanya dicontek dari jawaban orang lain.

Tulisan original adalah tulisan yang blogger buat berdasarkan pengetahuan dan pengalaman sendiri.

Memiliki struktur berbeda dari tulisan lain baik dari segi susunan kalimat dan juga penempatan kata kunci.

  • Struktur Tulisan

Struktur tulisan pada blog berbeda struktur tulisan pada artikel pada umumnya. Ketika artikel pada umumnya mementingkan penggunaan EYD dalam susunan kalimat, maka pada blog hal ini bisa dikecualikan.

Tulisan pada blog sebaiknya blogger bangun dengan kalimat pendek. Tujuannya guna menarik perhatian.

Beberapa tulisan pada blog tidak mementingkan pola kalimat yang baku.

Penempatan kata penghubung di awal kalimat dan kesalahan lainnya sah-sah saja. Hal ini karena blog merupakan media yang informatif. Penyampaian informasi kepada pembaca lebih penting dari sekedar sebuah struktur kalimat.

  • Jumlah Kata

Pada dasarnya tidak ada batasan secara pasti tentang panjang sebuah tulisan. Namun, berbicara tentang mata mesin pencari. Maka, tulisan yang lebih panjang akan punya nilai sebagai tulisan yang memiliki ulasan lengkap.

Hanya saja sebuah tulisan tidak hanya sekedar panjang. Penggunaan kata di setiap kalimat dalam paragraf penting untuk blogger perhatikan. Jangan terlalu banyak mengulang kata yang sama.

Pengulangan kata yang sama dalam beberapa kalimat bisa tergolong spam oleh robot.

Oleh karena itu, panjang kalimat juga penting memperhatikan jumlah kata yang sama yang digunakana dalam setiap kalimat.

  • Jumlah Kalimat dalam Paragraf

Dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sebuh paragraf terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas. Atau biasa kita kenal sebagai induk kalimat dan anak kalimat. Untuk menjelaskan induk kalimat bisa terdiri dari banyak anak kalimat.

Namun pada blog dalam satu paragraf sebaiknya hanya terdiri dari 3-5 kalimat.

Kalimat pertama sebagai induk menjadi kalimat yang akan menarik minat pengunjung. Biasanya blogger letakkan kata kunci. Selanjutnya dua sampai empat kalimat berikutnya akan menjelaskan hal tersebut.

Cara Mengukur Kualitas Tulisan Blog Website

  • Penggunaan Kata Kunci

Kata kunci penting bagi robot. Penempatan kata kunci yang tepat akan memudahkan robot menelusuri dan menampilkan artikel pada pencarian. Oleh karena itu sangat penting untuk memahami cara penempatan kata kunci.

  • Tentang Kualitas Tulisan

Kualitas tulisan sepenuhnya blogger serahkan pada mesin pencari dan pembaca. Tugas seorang blogger adalah menuliskan ide, informasi dan hal bermanfaat lainnya. Penilaian tentang artikel tersebut berkualitas atau tidak kembali lagi pada sudut pandang pembaca dan juga karakteristik mesin pencari.

Jangan lupa bahagia!

Originally posted 2022-06-27 07:22:18.

About admin

Check Also

Penyedia Hosting yang Bagus dan Cirinya

Penyedia Hosting yang Bagus dan Cirinya, Blogger Wajib Tahu

Penyedia hosting yang bagus untuk blog itu sangat banyak. Masing-masing menawarkan kelebihannya. Hal ini terkadang …