Manfaat Perencanaan Dalam Bisnis Usaha
Manfaat Perencanaan Dalam Bisnis Usaha

Manfaat Perencanaan Dalam Bisnis Usaha, Pemula Wajib Tahu

Manfaat Perencanaan Dalam Bisnis Usaha – Suatu rencana umumnya belum dapat dirasakan manfaatnya dalam jangka waktu yang singkat. Tetapi makin lama akan terasa juga hasilnya walaupun masih banyak hal yang harus disempurnakan.

Memang perencanaan itu adalah hal yang tidak mutlak,yang bisa diperbaiki sambil jalan bahkan dapat diubah.

Manfaat Perencanaan Dalam Bisnis Usaha

Para pengusaha kecil yang bekerja tanpa perencanaan mungkin juga bisa maju. Dan seandainya disertai perencanaan tentu hasilnya lebih baik.

Tetapi kenyataan sering menunjukkan keadaan sebagai berikut: seorang pengusaha bekerja tanpa perencanaan dan kelihatannya maju karena pegawainya bertambah, kantornya tambah besar dan alat alatnya baru dsb.

Jangan heran jika satu waktu keadaan itu bisa berubah sama sekali secara tak terduga.

Perusahaan itu kelihatan lebih maju karena banyak menggunakan modalnya secara kurang tepat dan mungkin modal itu sebagian adalah pinjaman. Kemudian perusahaan itu berbuat melampaui kemampuan karena mengira ia dapat melakukannya.

Seandainya ia bekerja secara berencana hal itu dapat di cegah.

Ada pula pengusaha kecil yang selama sekian puluh tahun tidak mengalami kemajuan apapun. Dan ia tak pernah mengerti mengapa demikian karena tak pernah ia memikirkan perencanaan dan bekerja menurut naluri dan perkiraan perkiraan saja.

Kegunaan Rencana saat Bisnis

Kedua hal ini sekedar contoh .Kenyataan dalam kehidupan nyata kadang kadang lebih menyakitkan bahkan bisa membawa kerugian bagi banyak orang bila perusahaan itu besar dan vital.

  • Maka dapat disimpulkan manfaat perencanaan dalam bisnis usaha adalah sebagai berikut: Setiap langkah bisnis usaha sudah dipersiapkan dalam rencana lebih dahulu dengan demikian juga adanya pedoman kerja.
  • Perencanaan memberikan gambaran menyeluruh, minimal untuk jangka waktu tertentu dari bidang bisnis usaha yang dikerjakan tentang:
  1. Apa yang akan diperbuat dengan perusahaan?
  2. Apa yang ingin dicapai?
  3. Bagaimana melakukannya?
  • Perencanaan melatih para pengusaha untuk bekerja secara teratur dan berdisiplin dan dengan demikian membentuk pribadi yang baik.
  • Penggunaan tenaga,alat alat serta waktu menjadi lebih efisien dan mencegah pemborosan atau kerugian yang tidak diperlukan.
  • Mengerti pekerjaan yang lebih penting dan harus dilakukan lebih dahulu dan pekerjaan mana yang bisa ditunda atau ditiadakan dalam suatu waktu menurut perencanaan.

Ringkasnya, perencanaan akan membentuk manusia pengusaha yang berkepribadian baik, bekerja lebih disiplin dan meningkatkan daya guna di bidang pelaksanaan kerja.

Semoga informasi Manfaat Perencanaan Dalam Bisnis Usaha ini bermanfaat ya.

About admin

Check Also

Kiat Dan Langkah Untuk Memulai Bisnis Dan Usaha

Kiat Dan Langkah Untuk Memulai Bisnis Dan Usaha

Kiat Dan Langkah Untuk Memulai Bisnis Dan Usaha –¬†Bisnis dan usaha itu mudah dan yang …