Tokoh Bangsa yang Berintegritas

Mengenal Tokoh Bangsa yang Berintegritas dan Wajib Diteladani

Arti integritas adalah sikap yang konsisten antara ucapan, keyakinan, dan tindakan yang tercermin dalam perbuatan sehari-hari. Orang yang memiliki integritas dinilai mampu menjadi pemimpin yang hebat dan amanah, karena mampu mengerjakan tugasnya dengan penuh tanggungjawab, disiplin, adil, dan jujur.

Saat korupsi merajalela, sikap integritas tentu sulit untuk dipertahankan, karena bukanlah hal yang mudah. Korupsi bukan hanya saja karena kurangnya iman dan moral, tetapi juga bisa muncul karena adanya kesempatan untuk melakukannya. Untuk mempertahankan sikap integritas butuh keteguhan hati untuk memegang nilai-nilai integritas tersebut, sehingga mampu menepis segala godaan.

Dalam artikel kali ini, akan membahas para tokoh bangsa yang telah membuktikan diri mampu melawan korupsi dan tetap menjaga nilai integritas dirinya. Meskipun banyak kisah tentang pemimpin atau tokoh bangsa yang korup, namun ada juga tokoh-tokoh bangsa yang beretika baik yang patut untuk diteladani. Kisah para tokoh bangsa ini membuktikan bahwa korupsi tidak pernah mendapat tempat dalam sejarah, dan tidak akan pernah menjadi budaya di negeri ini.

Tokoh Bangsa yang Berintegritas

Berikut ini kisah para tokoh bangsa yang selalu menerapkan nilai-nilai integritas dalam pekerjaan maupun kesehariannya:

1. H. Agus Salim yang hidup dalam kesederhanaan

Agus Salim masuk dalam deretan nama pahlawan nasional Indonesia. Beliau adalah diplomat ulung dikenal sebagai sosok yang cerdas karena menguasai sembilan bahasa. Sikap integritas Agus Salim sudah terlihat sejak usia muda, salah satunya ketika ia menolak menerima beasiswa dari Belanda. Penolakan itu bukan tanpa dasar, karena menurut Agus Salim pemberian beasiswa itu bukan dari hasil jerih payahnya, karena sebelumnya beasiswa itu seharusnya ditujukan kepada RA Kartini. Tentu sikapnya ini sulit dibayangkan di era sekarang, karena masih banyak mahasiswa berusaha lulus bukan dengan usahanya melainkan dengan menyewa joki atau membeli ijazah.

Agus Salim juga menunjukan sikap integritasnya dengan tetap hidup sederhana meskipun beliau bertitel menteri dan pejabat negara. Ia bahkan tidak memiliki rumah, ia mengontrak sebuah rumah sederhana, yang apabila hujan atap rumahnya bocor. Jabatannya tidak membuat ia berubah, ia tetap teguh dengan prinsipnya.

2. Baharuddin Lopa dengan kisah bensin mobil dinas

Baharuddin Lopa (Barlop) adalah salah satu sosok jaksa legendaris di Indonesia. Ia terkenal dengan sikap integritas yang dimilikinya. Dikenal dengan keberanian, kejujuran, dan sikap sederhananya yang menginspirasi banyak orang. Namanya juga tidak lepas dari upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

Barlop dikenal tegas dan berani melawan kejahatan kerah putih. Ia berani dan mampu menyeret Tony Gozal alias Go Tiong Kien dengan tuduhan manipulasi dana reboisasi Rp. 2 miliar. Ia juga mengejar keterlibatan Arifin Panigoro, Akbar Tanjung, dan Nurdin Halid dalam kasus korupsi. Bahkan ia berani mengusut kasus yang melibatkan presiden Soeharto.

Kisah kecil soal integritas Barlop adalah kisah mobil dinasnya. Suatu ketika, Barlop yang menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan harus mengadakan kunjungan ke sebuah kabupaten di wilayah kerjanya. Ia mengetahui bensin yang diisi ke mobil dinasnya diisi oleh Jaksa, Mengetahui hal itu, Barlop menyuruh ajudannya untuk memutar mobil dan kembali ke rumah sang jaksa. Ia meminta untuk sang jaksa menyedot kembali bensin yang ada pada mobil itu, sesuai dengan jumlah yang diisi. Menurutnya ia sudah memiliki uang jalan untuk membeli bensin, jadi tidak perlu diisi oleh orang lain lagi.

Dari kisah kedua tokoh di atas menggambarkan, sejatinya jabatan dan kekuasaan yang dimiliki tidak menjadi alasan seseorang bisa semena-mena dan berubah. Meskipun jabatan yang diemban adalah jabatan tinggi, tetapi gaya hidup mereka tidak pernah berubah. Sebagai generasi penerus bangsa, sebaiknya dapat meneladani sikap-sikap integritas dari para pemimpin bangsa ini, dan dapat menjauhi korupsi. Tanpa korupsi hidup akan lebih tenang dan damai

Adapun beberapa kisah mengenai nilai integritas dan sikap antikorupsi dari para tokoh bangsa Indonesia bisa di baca selengkapnya di website aclc.kpk.go.id.

About admin

Check Also

Sunscreen Terbaik Dari Somethinc

Mengenal Varian Sunscreen Terbaik Dari Somethinc

Sunscreen menjadi salah satu rangkaian skincare yang memang tidak boleh terlewatkan. Pasalnya, sunscreen berperan sebagai …