Tips Memilih Tema WordPress yang Mendatangkan Banyak Traffic
Tips Memilih Tema WordPress yang Mendatangkan Banyak Traffic

Tips Memilih Tema WordPress yang Mendatangkan Banyak Traffic

Tips Memilih Tema WordPress – Tema wordpress sangat beragam dan dibagikan dalam pilihan premium dan gratis. Memilih tema untuk digunakan pada blog merupakan salah satu pertimbangan awal sebelum terlanjur jauh membangun blog.

Tema memiliki peran penting dalam perjalanan perkembangan blog.

Memilih tema wordpress seharusnya dilakukan dengan berbagai macam pertimbangan. Hal ini perlu dilakukan agar blog yang dibangun tidak harus gonta ganti tema.

Tema wordpress disediakan dalam dua versi yaitu versi premium dan versi gratis.

Tips Memilih Tema WordPress

  • Memilih tema wordpress berdasarkan SEO on page

Tema memiliki hubungan yang erat dengan SEO on page. Untuk kepentingan SEO maka pemilihan tema didasarkan pada beberapa hal yaitu:

  • Tema Responsive

Tema responsive artinya bahwa tema yang dipilih cocok ditampilkan dalam berbagai bentuk perangkat. Meskipun pada saat ini hampir semua tema dibuat responsive namun masih perlu berhati-hati juga dalam memilih tema yang benar-benar responsive.

Sebagai catatan: Untuk pemilihan tema lebih baik mementingkan tema yang lebih elegan terbuka pada perangkat mobile karena karakteristik pengguna yang lebih banyak menggunakan perangkat mobile dalam mencari informasi.

  • Tema kaya fitur

Fitur dalam tema juga harus jadi pertimbangan. Fitur yang kami maksud adalah fasilitas yang diberikan misalnya ruang widget yang memadai. Wadah sharing ke berbagai sosial media populer dan lainnya.

  • Memilih tema berdasarkan SEO off page

Selain untuk kebutuhan SEO on page pemilihan tema juga harus mempertimbangkan SEO off page. Tema yang cocok untuk SEO off page adalah tema yang memiliki tampilan yang menarik dimata pengunjung. Tampilan adalah hal yang berpengaruh pada ketertarikan pengunjung untuk berlama-lama berada pada blog.

Bagi yang mengembangkan toko online silahkan lihat beberapa tema yang cocok untuk plugin Woocommerce
Hal yang berpengaruh pada tampilan berdasarkan pada tema yang digunakan adalah sebagai berikut:

  • Kombinasi warna

Biasanya tema gratis dibatasi penggunaan warna pada tema. Oleh karena itu apabila menggunakan tema gratis maka pilih tema yang menyediakan warna yang sesuai dengan karakter blog.

Kombinasi warna penting agar warna tulisan dan warna latar terlihat kontras. Pemilihan warna yang salah bisa membuat pengunjung tidak nyaman membaca tulisan.

  • Ruang navigasi

Ruang navigasi juga harus diperhatikan. Setiap tema memiliki keunikan masing-masing dalam menyajikan tampilan. Misalnya saja tema yang memberikan ruang navigasi sidebar dan footer yang cukup untuk menempatkan widget.

Ada beberapa pilihan misalnya tema dengan dua sidebar (kiri dan kanan), tema dengan dua footer, tiga footer dan empat footer.

  • Ketersediaan menu

Menu yang disediakan oleh tema berbeda-beda. Ada tema yang menyediakan tiga menu yaitu main menu, footer menu, dan header menu. Sementara ada yang hanya menyediakan main menu dan header menu saja atau hanya menyediakan main menu dan footer menu saja.

Semakin banyak menu yang disediakan akan semakin baik karena banyak laman yang bisa ditempatkan pada halaman utama.

Sebagai tambahan dalam memilih tema wordpress adalah perhatikan bahwa tema tersebut kompatibel dengan versi wordpress yang digunakan. Sebaiknya menggunakan tema yang baru saja mendapatkan update dari pengembang.

Begitu pentingnya tema bagi perkembangan blog, maka tema harus dipilih dan dipilah dengan sangat bijaksana. Banyak tema yang dipilih jadi, tidak perlu terburu-buru.

Sebagai saran, silahkan cari rekomendasi tema terbaik dan pelajari tema tersebut. Atau pilih tema yang digunakan oleh blogger lain berdasarkan pencarian teratas pada mesin pencari untuk kata kunci tertentu. Menggunakan tema premium tentunya akan lebih baik, ketika kita memiliki dana cukup.

Jangan lupa bahagia!

About admin

Check Also

Cara Memaksimalkan SEO Off Page tanpa Modal

Cara Memaksimalkan SEO Off Page tanpa Modal, Cukup Modal Tenaga

Cara Memaksimalkan SEO Off Page tanpa Modal – Memaksimalkan SEO off page sangat penting dalam membangun …