Breaking News
serba-serbi-bursa-saham-di-amerika-serikat
Serba-Serbi Bursa Saham di Amerika Serikat

Serba-Serbi Bursa Saham di Amerika Serikat

Pasar modal merupakan suatu tempat dimana dana-dana jangka panjang baik utang maupun modal sendiri diperdagangkan. Salah satu produk yang paling populer dilakukan di pasar modal adalah investasi saham.

Pasar modal telah diatur dan dikenal di dunia sebelum tahun 1900. Di Amerika serikat sendiri, pengaturan pasar modal telah diterapkan di New York sejak tahun 1700 secara informal.

Pasar modal pada masa itu berlokasi di tepi jalan yang memiliki penghalang berupa dinding yang tinggi dengan tujuan perlindungan dari kaum indian, tempat itu sekarang dikenal sebagai wall street.

Pada tahun 1792 barulah dibentuk secara formal dan resmi sebuah lembaga bursa di New York oleh 24 broker yang menjadi asal usul New York and Exchange Board, dan kemudian saat ini dikenal dengan nama Securities and Exchange Commision (SEC) yang merupakan otoritas pasar modal di Amerika Serikat

Bursa Efek dan Indeks Saham Pasar Amerika Serikat

Terdapat 2 Bursa efek yang ada Di Amerika Serikat, yang pertama adalah New York Stock Exchange (NYSE) dan Nasdaq Stock Market (NASDAQ). Apa perbedaan keduanya?

  • NYSE 

NYSE merupakan bursa saham terbesar di dunia dengan market cap mencapat 28 triliun dollar. Terdapat 2434 perusahaan domestik dan internasional yang tercatat di New York Stock Exchange. Tentunya beberapa perusahaan besar seperti JP Morgan, Johnson and Johnson, Visa dan lain-lain melaintai disana.

NYSE didirikan pada tahun 1792 dan merupakan yang tertua dalam list ini.

  • NASDAQ 

NASDAQ terletak di kota New York sama seperti NYSE. NASDAQ menjadi bursa saham terbesar kedua di dunia dengan market cap mencapai 25 Triliun Dollar Amerika. Nasdaq didirikan pada tahun 1971 dengan nama National Association of Securities Dealer Automated Quotations.

NASDAQ memiliki jumlah emiten lebih banyak daripada NYSE yaitu total 3.566 per tahun 2021, sekaligus menjadi yang terbesar kedua di dunia setelah Japan Exchange Group (JPX).

Beberapa emiten yang tercatat di NASDAQ yaitu diantaranya Google, Apple, Microsoft, Facebook hingga Tesla.

Sementara itu, Bursa efek Amerika Serikat juga memiliki 3 indeks yang sangat populer, yaitu Dow Jones, S&P 500, serta Nasdaq 100. 

  1. Dow Jones Industrial Average (DJIA) merupakan salah satu indeks tertua di bursa efek amerika serikat yang didirikan oleh editor Wall Streat Journal dan Charles Dow. DJIA diciptakan untuk mengukur performa saham di sektor industri.
  2. S&P 500 merupakan indeks yang berisi saham 500 perusahaan dengan modal besar yang kebanyakan dari Amerika Serikat. S&P 500 merupakan indeks yang paling banyak diperhatikan karena seringnya, perusahaan yang dimasukan ke indeks ini, harga sahamnya relatif akan meningkat.
  3. Nasdaq 100 merupakan indeks yang terdiri dari 100 perusahaan non-financial terbesar yang terdaftar di NASDAQ. Bobot dalam indeks ini didasarkan pada market cap dengan aturan-aturan tertentu.

Keuntungan Beli Saham Amerika Serikat di Nanovest

Itulah dia serba serbi pasar modal Amerika Serikat. Apabila kamu tertarik untuk memiliki dan berinvestasi pada saham-saham di Bursa efek Amerika Serikat, kamu bisa mendownload Nanovest yang merupakan platform untuk berinvestasi di saham Amerika Serikat.

Terdapat lebih dari 2000 saham yang bisa kamu pilih sebagai koleksi, lho!

Untuk modal investasi kamu tidak perlu khawatir, karena saham di Nanovest sudah bisa dibeli mulai dari Rp5000 saja. Sementara untuk keamanan, kamu juga tidak perlu was-was, karena Nanovest sudah bekerjasama dengan broker terpercaya yang sudah tergabung dalam FINRA.

Selain itu, ada juga fitur yang akan menjamin bahwa tidak ada orang lain yang dapat menggunakan akun Nanovest milikmu kecuali kamu sendiri.

Di Nanovest juga terdapat beberapa fitur yang bisa membantumu mendapatkan cuan lebih dari investasimu. Misalnya saja fitur Alert Harga yang akan memberikan notifikasi ketika harga saham yang kamu incar atau miliki mengalami perubahan harga.

Selain itu, ada juga fitur Berita dan Tutorial yang bisa membantumu lebih memahami tentang kondisi saham dan pasar saham Amerika. 

Melihat banyaknya keuntungan ini, jangan ragu lagi, yuk, segera download aplikasi Nanovest, dan dapatkan cuan dari saham global!

About admin