Selly: Aplikasi Online Shop Masa Kini

Bismillah

Pandemi Covid-19 belum berakhir. Pemerintah pun ‘menawarkan’ new normal. Sebagai seorang yang beriman, tentu saja kita harus tawakal. Mulai dari perubahan perilaku hingga self-acceptance agar diri tak dihantui rasa cemas berlebihan.

Semua orang mencoba bertahan dengan kondisi yang penuh dengan ketidakpastian. Mencari sumber keuangan kedua pun dijalankan. Ide-ide bisnis kreatif dan inovatif mulai bermunculan.

Seperti yang pernah saya tulis dalam ide bisnis selama pandemi bahwa bisnis online saat ini menjadi alternatif lain agar roda ekonomi tetap berada dalam kendali.

Tak ayal, kini bermunculan online shop dadakan. Indikasi yang bagus sih. The power of kepepet memang luar biasa.

Memulai bisnis online shop

Memulai bisnis online sama seperti kalau kita hendak memulai bisnis offline. Hanya saja, model pemasarannya berbeda. Ya, jelas dong, ya. Kalau bisnis offline, penjual bisa bertemu langsung face to face dengan pelanggan dan sebaliknya. Adapun bisnis online, konsumen bisa membeli produk lewat jarak jauh.

Bisnis online menuntut kita untuk sekreatif mungkin karena pemasaran hanya berbekal foto dan video lewat internet, sedangkan bisnis offline tidak terlalu banyak tuntutan.

Untuk itulah, seorang pebisnis online harus pandai memanfaatkan berbagai macam aplikaai yang bisa membantu meningkatkan omzetnya. Sebut saja aplikasiphoto editing untuk mempercantik foto produk, mobile banking untuk mempermudah transaksi keuangan secara online, dan notes untuk mempermudah mencatat berbagai pesanan pelanggan.

Saatnya menggunakan Selly

Berkaca dari pengalaman pribadi saat berbisnis online, terkadang saya merasa kesulitan saat harus cek ongkir, membuat invoice, hingga mengingatkan pelanggan untuk membayar. Pusing jika harus berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Alhamdulillah setelah mengenal Selly, semua itu bisa diatasi hanya dengan satu klik saja.

Apa sih Selly?

Selly ini aplikasi online shop masa kini. Jadi, Selly berupa keyboard dan dashboard yang memudahkan kita mengelola semua transaksionline shop dari aplikasi chat apa pun.

Fitur Selly

Selly dilengkapi berbagai fitur yang memudahkan para emak online shop. Check them out:

☑️ Cek ongkir

fitur cek ongkir selly

Kalau biasanya kita harus cek ongkir di satu aplikasi tertentu, lalu setelah itu kita kembali ke chat pelanggan di WhatsApp, misalnya. Nah, dengan memakai Selly, kita nggak perlu ribet seperti itu lagi. Kita bisa langsung cek ongkir saat ngobrol dengan pelanggan, seperti ini contohnya:

ini saya ambil contoh dengan menggunakan personal chat bersama suami 😃
cek ongkir selly
kalau ini langsung dari aplikasi Selly

☑️ Kirim invoice

fitur kirim invoice selly

Kalau biasanya kita mengirim invoice secara manual, kini tak perlu melakukan itu lagi.

☑️ Auto text

fitur auto text selly


Di Selly, tersedia berbagai template auto text, misal format order, ucapan terima kasih telah berbelanja di online shop kita, dan ucapan selamat datang di toko kita.

Eits … tak hanya itu saja, lo. Kita juga bisa membuat template auto text sesuai keinginan kita, biasanya sih berupa soal sering ditanya (SSD) atau frequently asked questions.

☑️ Ingatkan pelanggan

fitur ingatkan pelanggan selly

Cek pesanan yang belum dibayar dengan memanfaatkan fitur ini. Saat kita klik “Ingatkan pembayaran”, otomatis akan diarahkan ke aplikasi chat yang sudah kita isi sebelumnya.

☑️ Kelola transaksi

fitur kelola transaksi selly


Fitur ini memudahkan kita untuk mengecek ulang transaksi mana saja yang belum dibayar, sudah dibayar, siap kirim, dan sudah dikirim. Tansaksi yang sudah dikirim, nanti akan masuk ke arsip.

fitur toko aplikasi selly

☑️ Buat label pengiriman

fitur buat label pengiriman selly

Masih bingung bikin label pengiriman? Pakai Selly aja deh. Caranya, dari transaksi yang sudah dibayar, nanti akan muncul cetak label pengiriman.

Fitur pesan pengiriman digunakan saat kita hendak memesan pengiriman ke ekspedisi terpilih sehingga nggak perlu antre.

Setelah itu, klik cetak label pengiriman hingga muncul seperti ini:

ini hanya contoh, ya. Untuk alamat, harus diisi lengkap.

Label pengiriman akan dikirim via email. Tinggal dicetak deh.

Cara mendaftar di aplikasi Selly

Cara mendaftarkan toko kita di Selly, sangat mudah kok. Tinggal unduh aplikasinya di Playstore, lalu ikuti langkhh-lnngkah ini:

☑️ Klik masuk dengan email.

☑️ Masukkan email, lalu klik daftar atau login. Nnnti, kita akan diminta memasukkan password. Satu hal yang perlu diingat, password Selly harus berupa huruf besar, kecil, dan angka, contohnya Sellya2020.

Mengapa harus Selly?

Sebagian orang mungkin bertanya-tanya, kenapa sih harus memakai aplikasi Selly? Bukankah masih ada aplikasi lain?

Baiklah. Ini dia dua alasan utama mengapa emak yang memiliki online shop harus memasang Selly di gawainya.

  • Selly membuat toko online kita terlihat lebih profesional. Ladies, terlihat profesional ini merupakan suatu keharusan, ya. Jangan sampai, toko online kita terkesan tidak up-to-date terhadap perkembangan teknologi. Udah enggak zamannya kita membalas dan membuat invoice pelanggan secara manual.
  • Selly mudah digunakan. Memang sih ada beberapa aplikasi untuk toko online yang bisa digunakan. Namun, menurut saya nih, Selly termasuk aplikasi yang mudah digunakan, tidak ribet, dan tidak bertele-tele. Kabar baiknya adalah fitur-fitur yang ada di Selly, GRATIS. Iya, GRATIS. Kita tidak perlu mendaftar ke sana kemari.

Gimana? Mudah, kan?

🌸🌸🌸

New normal memang bikin sebal, tetapi hidup harus terus berjalan, kan? Gunakan saja aplikasi Selly untuk memudahkan bisnis online-mu di tengah suasana yang sebenarnya belum benar-benar normal. Sell easily with Selly.

Semoga bermanfaat.

Barakallahu fiikum.

Photo credit: freepik

About The Author


Renita Oktavia

A keep-learning mommy. A wife. A chocolate lover. A coffee addict. An editor. Also a contributor on Estrilook, Takaitu, Makmood Publishing, and Joeragan Artikel. For business inquiries, you can reach me on renita.oktavia.blog@gmail.com

9 Comments

Leave a Comment