Persiapan Membuat Blog WordPress 
Persiapan Membuat Blog WordPress 

Persiapan Membuat Blog WordPress, Khusus untuk Pemula

Persiapan Membuat Blog WordPress – Membangun blog harus dilakukan dengan cermat dan teliti agar pengaturan dalam blog tidak ada yang salah. Pengaturan itu sebaiknya dilakukan diawal sebelum membuat sebuah postingan pertama. Sehingga setelah semua pengaturan sudah siap maka langkah selanjutnya tinggal menuliskan artikel dan membagikannya ke sosial media populer.

Bagi pengguna wordpress.org kami memberikan saran dalam pengaturan atau persiapan awal sebelum menuliskan artikel. Persiapan yang sebaiknya dilakukan setelah proses instalasi wordpress. Persiapan awal ini kami anggap penting agar proses penulisan artikel tidak lagi terganggu karena harus mengatur beberapa bagian yang belum sesuai.

Sebagai catatan. Pengaturan pada wordpress sebenarnya disesuaikan dengan konten dan karakter penulisan, namun kami mencoba berbagi sebagai gambaran secara umumnya.

Persiapan Membuat Blog WordPress 

  • Pilih tema untuk membangun blog

WordPress memfasilitasi dengan beragam tema yang menarik mulai dari yang gratis sampai tema premium. Bagi yang belum memiliki dana cukup maka bisa dimulai dengan tema gratisan.

Meskipun tidak mendapatkan dukungan penuh dari pengembang tetapi tema-tema gratis ini bisa dimaksimalkan dan berfungsi dengan sangat baik dari segi tampilan dan loading blog.

Tema wordpress terbagi menjadi dua yaitu tema gratis yang dapat di download melalui dasbor > tampilan > tema. Tema premium bisa didapatkan melalui website resmi masing-masing pengembang atau cukup ugrade tema gratis yang dipilih menjadi premium untuk mendapatkan layanan penuh.

  • Pilih plugin

Untuk meningkatkan kinerja blog dan juga menambah elegan desain tampilan dari tema maka perlu support plugin. Plugin memiliki beberapa manfaat penting dalam membangun blog. Memilih dan menggunakan plugin disesuaikan dengan kebutuhan agar tidak menjadi beban pada blog.

Plugin yang ditawarkan pun terdiri dari dua versi yaitu versi gratis dan versi premium. Untuk plugin anda bisa membaca artikel kami sebelumnya tentang Empat Plugin WordPress Wajib Dipasang.

  • Buat kategori

Kategori tulisan meskipun dapat dibuat pada saat membuat artikel sebaiknya ditentukan dari awal. Kategori tulisan ini dapat dijadikan alur dalam menentukan apa yang harus dituliskan sekarang dan selanjutnya.

Ketika kategori tulisan sudah dibuat diawa maka kita memiliki langkah jelas tentang tulisan yang akan dibuat sesuai dengan niche konten yang akan diusung.

Kategori bisa dibuat dalam induk kategori dan anak kategori. Misalnya induk kategori adalah ‘mobil’kita bisa buat anak kategorinya ‘mobil mewah’ ‘mobil murah’ dan lainnya.

  • Setting pengaturan

Bagian ini hal yang paling penting dan tidak boleh dilupakan. Beberapa hal yang menjadi bagian penting dalam pengaturan tersebut adalah tentang permalink, pendaftaran, sharing, jumlah artikel yang tampilan di halaman awal.

Menentukan pengaturan dari awal akan memudahkan anda dalam share artikel dan manajemen pengguna.
Pengaturan pada wordpres secara default terdiri dari 7 bagian. Kemungkinan akan bertambah ketika menginstall plugin yang membuathkan pengaturan dalam menjalankan fungsinya.

Setelah semua siap maka mulailah artikel pertama anda. Perkenalkan blog anda melalui sosial media. Tuliskan aritkel-artikel bermanfaat yang mungkin jadi kebutuhan calon pembaca anda. Selamat berkreasi!

Jangan lupa bahagia!

About admin

Check Also

Cara Memaksimalkan SEO Off Page tanpa Modal

Cara Memaksimalkan SEO Off Page tanpa Modal, Cukup Modal Tenaga

Cara Memaksimalkan SEO Off Page tanpa Modal – Memaksimalkan SEO off page sangat penting dalam membangun …