Penyebab Gagal Menulis Artikel Berkualitas
Penyebab Gagal Menulis Artikel Berkualitas

Penyebab Gagal Menulis Artikel Berkualitas

Penyebab Gagal Menulis Artikel Berkualitas – Menulis artikel berkualitas pada blog adalah salah satu kunci sukses seorang blogger. Namun ternyata tidak semua blogger mampu dengan mudah menghasilkan sebuah konten yang berkualitas. Penyebab gagal menulis artikel berkualitas banyak penyebabnya.

Penyebab tersebut akan kami coba uraikan satu persatu. Semoga saja pembahasan kami bisa menginspirasi dan jadi referensi dalam menghindari kesalahan penulisan artikel blog.

Penyebab Gagal Menulis Artikel Berkualitas

  • Kurang fokus

Sama halnya dengan pekerjaan lain. Menulis juga butuh fokus yang cukup. Apabila fokus tidak terjaga maka kemungkinan gagal menulis artikel berkualitas sanga terbuka. Hilangnya fokus bisa terjadi karena terburu-buru atau adanya gangguan dari luar.

Terburu-buru menyelesaikan tulisan bisa menjadi permasalahan penulis. Apabila tulisan diselesaikan dalam waktu singkat maka kemungkinan ada item yang tidak dimasukkan atau pembahasan kurang lengkap. Akibatnya informasi yang diterima oleh pembaca tidak lengkap.

Pengunjung atau pembaca sangat senang membaca artikel yang membahas suatu konten dengan pembahasan lengkap.

  • Kurang referensi

Referensi untuk beberapa jenis konten sangat penting. Sebuah rujukan dari sumber terpercaya akan sangat membantu kualitas tulisan dimata pembaca. Referensi sangat penting dalam membuat artikel untuk tulisan-tulisan tertentu. Misalnya yang berhubungan dengan keahlian tertentu, atau profesi tertentu.

Tidak semua tulisan artikel butuh referensi. Contoh artikel yang tidak butuh referensi adalah artikel tutorial yang dibuat berdasarkan pengetahuan terhadap hal-hal tertentu.

  • Tidak melakukan proses editing

Setelah menyelesaikan tulisan maka sebaiknya jangan dipublish dulu. Langkah selanjutnya adalah membaca ulang untuk melakukan koreksi. Kesalahan penulisan kata, kalimat serta kelengkapan konten sangat penting untuk diperhatikan ulang.

Satu hal yang berbeda dari artikel pada umumnya. Artikel pada blog sebaiknya dilengkapi dengan bangunan internal link. Oleh karena itu sangat penting untuk melihat posisi penempatan internal link. Internal link yang ditempatkan dalam blog sebaiknya membantu pembaca untuk menemukan bacaan yang relevan dan tidak mengganggu konsentrasi membaca.

  • Gagal menulis artikel berkualitas karena dikejar target

Beberapa blogger membuat target tersendiri dalam proses update artikel. Pada sisi lain ini melatih kedisiplinan, namun bisa saja berdampak buruk. Misalnya ketika waktu menulis sudah tiba tetapi ide tulisan belum ada. Akhirnya dibuatlah konten apa saja asal update artikel tetap terjaga.

Menetapkan target tentang waktu penulisan bisa berdampak positif dan negatif. Jadi, sebaiknya disikapi dengan benar.

Melakukan update artikel pada blog secara berkala memang sangat penting. Namun, hal paling penting adalah melakukan update dengan artikel berkualitas.

Satu hal yang perlu diingat bahwa subscriber menunggu konten-konten berkualitas. Sehingga apabila update artikel dianggap tidak lagi berkualitas maka subscriber bisa saja berhenti dan kita kehilangan pembaca.

Jangan lupa bahagia!

About admin

Check Also

Cara Memaksimalkan SEO Off Page tanpa Modal

Cara Memaksimalkan SEO Off Page tanpa Modal, Cukup Modal Tenaga

Cara Memaksimalkan SEO Off Page tanpa Modal –¬†Memaksimalkan SEO off page sangat penting dalam membangun …