Renita Oktavia

I read so I write

Oktober 5, 2019

Wahai Ayah, Dunia Ini Membutuhkanmu

Oktober 5, 2019

Hawa, Iblis, dan Hoaks

Oktober 5, 2019

Adab Menerima dan Men-share Berita

Oktober 5, 2019

This Too Shall Pass

Bismillah Pernah membisikkan “Yes, I can do it!” ke diri sendiri? Lalu engkau merasa mampu menghadapi segala kelu. Engkau merasa mampu menghadang segala rintangan. Pernahkah engkau berulang kali mengucap mantra sakti “This too shall pass” saat ada beban yang menghimpit menghampiri? Saat engkau merasa dadamu sesak berasak-asak? Lalu engkau percaya bahwa semua akan baik-baik saja. […]

Oktober 4, 2019

Saat Ajal Menjemputmu

Bismillah Wahai kawan … Saat ajal menjemputmu … Maka, ketahuilah bahwa segala kenikmatan dan kelezatan dunia beserta isinya akan terlepas dari tanganmu. Semuanya akan berakhir. Tugasmu selesai. Dan engkau akan berada di pembaringan terakhir, melakukan perjalanan menuju Rabb-mu. Mempertanggungjawabkan semua yang telah kautanam. Pujian setinggi langit dan sanjungan tak bertepi yang pernah terlontar untukmu … […]

Oktober 4, 2019

Berilmu Sebelum Meminum Susu

Bismillah Sudah minum susu hari ini? Pasti tahu, kan manfaat meminum susu setiap hari? Dikutip dari fonterra, di situ disebutkan bahwa setidaknya ada 5 manfaat meminum susu bagi kesehatan kita. Apa saja tuh? 1. Menjaga kesehatan tulang 2. Menguatkan gigi 3. Memelihara kesehatan jantung 4. Mendukung berat badan yang sehat 5. Mengurangi depresi Namun kali […]

Oktober 3, 2019

Melindungi Buah Hati dari Malnutrisi

Bismillah Bagi seorang ibu, masalah malnutrisi yang terjadi pada buah hati, memang kerap menghantui. Anda mungkin mengernyitkan dahi. Bagaimana bisa, pada era teknologi seperti ini, anak-anak masih terjangkit kekurangan gizi? Definisi Kurang Gizi Kekurangan gizi pada anak, biasanya terjadi ketika kebutuhan gizi anak tidak terpenuhi dalam jangka waktu yang lama. Saya teringat pesan yang disampaikan […]

Oktober 1, 2019

Dunia Hanya Sebatas Bunga yang Kaupetik

Bismillah Dunia hanya sebatas bunga yang kaupetik, Tuan …. Manusia mati-matian mengejar dunia. Kepala untuk kaki, kaki untuk kepala. Segala macam cara dihalalkan hanya demi kekasih hati bernama dunia. Entah apa yang terjadi pada manusia, sampai-sampai lupa tugas utama dan tujuannya di dunia. Ia rengkuh seisi bumi ke dalam pangkuannya.  Tidakkah ia belajar dari manusia-manusia […]

Oktober 1, 2019

Berani Menjadi Penulis Berkualitas dengan Berkomunitas

Bismillah Mengaku penulis, tetapi enggan  berkomunitas itu ibarat mengaku cinta tapi sungkan memerjuangkan hingga ke pelaminan. Apa pasal? Karena semua akan sia-sia; tiada arah dan tujuan.  Secara fitrah, manusia termasuk makhluk sosial. Dan bisa dipastikan, ia takkan mampu hidup secara individual. Ia butuh berserikat. Demikian pula dengan seorang penulis. Ia pun membutuhkan komunitas yang mendukung […]

September 29, 2019

Siapa yang Edan? Kita Atau Sang Zaman?

Bismillah “Saiki jaman e jaman edan rek, lek ra edan ra keduman.” (Sekarang zamannya saman edan, kalau gak ikutan edan, gak kebagian) “Hari ini gue sial banget! Selalu aja kayak gini!” “Wooo lha pantes aku apes terus, iki wulan Suro” (Pantas aku sial terus, ini bulan Suro) Sepele, Tetapi Bermasalah Pernah mendengar kalimar-kalimat tersebut? Saya […]

September 28, 2019

7 Ekspresi Bahasa Inggris yang Menggunakan Kata “All”

Bismillah Kata siapa belajar bahasa Inggris itu susah? Meski bahasa Inggris hanyalah foreign language to Indonesian speakers, memelajarinya tentu sebuah keharusan. Menguasai bahasa Inggris, tentunya tidak melulu berkaitan dengan grammar. Lebih dari itu, setidaknya kita paham slang, idioms, dan beberapa ekspresi. Nah, kali ini saya akan memberikan 7 ekspresi bahasa Inggris yang tergolong unik. Mengapa […]

September 28, 2019

[Book Review] Autumn Leaves:  Kisah di Balik Daun Musim Gugur

Bismillah Judul buku: Autumn Leaves: Kisah di Balik Daun Musim Gugur Pengarang: Fissilmi Hamida Penerbit: NEA Publishing Tahun terbit: 2019 Tebal buku: 424 halaman ISBN: 978-623-91008-2-7 Apa yang akan engkau lakukan tatkala cinta lamamu datang menawarkan cinta sempurna, justru tepat pada saat cinta halalmu terus memberi luka dan nestapa? Ke mana kira-kira cintamu akan bermuara? […]

September 27, 2019

Menulis Sebagai Self-Healing Therapy

Bismillah Sebagian orang mengatakan bahwa menulis itu membutuhkan bakat khusus. Bahwa menulis itu hanya untuk para penulis. Benarkah demikian? Tahukah kalian? Pada hakikatnya, kita semua terlahir sebagai penulis. Menulis bisa sangat bermanfaat bagi kita. Menulis bisa dijadikan self-healing therapy. Mengapa? Karena melalui kegiatan menulis, kita mampu mengeksplorasi perasaan dan mengungkapkan apa yang terpendam dalam pikiran. […]

You are here: Page 2