December 20, 2019

Memanfaatkan Domain untuk Bisnis di Era Digital

Bismillah

Salah satu prinsip dalam berbisnis adalah menyediakan apa yang konsumen butuhkan. Bisa dipastikan, kita akan banjir pesanan.

Namun, mengandalkan kualitas produk yang bagus, rasanya masih belum cukup untuk menarik minat pelanggan. Terlebih, di era digital yang menuntut setiap pebisnis berpikir lebih jauh ke depan.

Pesatnya teknologi, tentu tak bisa dihiraukan begitu saja. Saat ini, orang cenderung menyukai mengakses segala sesuatunya dari gawai kesayangan. Untuk itulah, pebisnis harus pandai memanfaatkan celah jika ingin bisnisnya bertahan. Ya, website dan domain merupakan salah satu kunci keberhasilan.

Mengapa Harus Memiliki Website dan Domain?

Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, orang lebih suka menggunakan situs pencarian untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan website memang sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis.

Namun, yang perlu diingat, website saja tidak cukup. Website harus dilengkapi dengan top level domain (TLD).

Mengapa seorang pebisnis wajib memiliki website dan domain? Berikut ini alasan-alasannya:

1. Media promosi paling baik dan murah

Jika saat ini Anda memiliki bisnis yang cukup menjanjikan, kira-kira berapa dana yang harus Anda keluarkan untuk berpromosi secara konvensional? Cukup mahal, bukan?

Tentu akan lain ceritanya jika Anda memiliki website sebagai media promosi. Selain biayanya yang murah, jangkauannya pun luas. Produk atau jasa Anda akan lebih banyak dikenal orang.

2. Profesionalisme

Coba perhatikan kedua domain di bawah ini:

a. www.tokolaris.blogspot.com

b. www.tokolaris.com

Jika Anda berperan sebagai konsumen, mana yang terlihat lebih profesional dan meyakinkan? Yang terakhir, bukan?

Domain pada poin (a) merupakan domain gratis. Adapun poin (b) adalah TLD yang bisa dibeli di penyedia domain.

3. Memudahkan proses pemesanan, penyimpanan data, dan proses transaksi

Perhatikan hasil tangkapan layar di bawah ini:

Keduanya saya ambil dari website kawan saya, seorang muslimahpreneur di Salatiga.

Website memudahkan Anda membuat mengelola produk untuk diintip konsumen. Selain itu, calon pelanggan pun bisa melakukan pemesanan hanya dengan satu klik.

4. Meningkatkan brand

Sebagaimana kita tahu, beberapa produk ternama mempunyai domain sesuai dengan brand yang mereka ciptakan. Sebut saja Bukalapak, Lazada, dan sebagainya. Anda juga bisa meniru kesuksesan mereka dengan memiliki domain untuk produk atau jasa andalan Anda.

5.  Mudah dijangkau

Website dan domain ibarat pintu toko Anda. Berbeda dengan toko konvensional yang hanya berada di satu tempat dan konsumen yang harus mendatanginya, maka pintu toko Anda akan menghampiri jutaan calon konsumen di mana pun mereka berada.

Memanfaatkan Domain untuk Bisnis

Setelah mengetahui pentingnya website dan domain untuk bisnis, sekarang saatnya memanfaatkan domain agar bisnis Anda makin laris manis.

a. Pilih Nama Domain yang Mudah Diingat

Salah satu poin terpenting website untuk bisnis Anda adalah nama domain. Mengapa nama domain begitu penting? Karena nama domain merupakan identitas digital yang mewakili bisnis Anda di dunia maya.

Kalau boleh saya analogikan, domain ibarat alamat rumah kita. Domain menjadi penghubung antara calon konsumen di dunia maya dengan website sebagai rumah kita. Untuk itulah, nama domain harus singkat dan unik. Semakin unik dan singkat nama domain Anda, maka semakin mudah pula konsumen mengingatnya.

b. Membuat Brand Lewat Domain

Membuat brand lewat domain? Memang bisa? Jangan salah. Nama domain tidak hanya sekadar nama atau pemanis belaka. Namun, lebih dari itu, nama domain bisa menjadi brand bisnis Anda.

Memiliki brand sendiri, tentunya akan memudahkan Anda mempromosikan produk atau jasa yang Anda miliki. Bonusnya, konsumen akan lebih antusias menggunakan produk atau jasa yang Anda jual.

c. Pilih Ekstensi Domain yang Tepat

Saat ini, ekstensi domain yang sering dipakai adalah .com. Namun, asal Anda tahu, sebenarnya ada banyak ekstensi domain yang bisa Anda pilih sesuai dengan profil bisnis yang ditekuni. Dengan memilih ekstensi domain yang tepat, bisnis Anda akan tumbuh semakin hebat.

Untuk Anda yang bergelut di toko online, bisa menggunakan ekstensi domain .store atau .shop. Lain halnya jika bisnis Anda bergerak di bidang seni, maka .art lebih cocok.

d. Menyambungkan Domain ke Media Sosial

Dilansir dari databoks, persentase pengguna media sosial mobile (gadget) di Indonesia pada tahun 2019 mencapai 130 juta orang atau sekitar 48% dari total populasi yang ada. Lebih lanjut, Facebook menjadi platform media sosial yang kerap dikunjungi.

Anda bisa memanfaatkan domain untuk menjangkau jutaan calon konsumen. Caranya? Cukup sambungkan website Anda ke beberapa akun media sosial, terutama Facebook dan bersiaplah untuk banjir pesanan.

Memilih Penyedia Domain Murah

Bagi seorang pebisnis, ketepatan memilih penyedia domain yang mewakili produknya di dunia maya tentu bukan perkara sembarangan. Alih-alih mendapat untung, jika salah memilih, kerugian pun tidak dapat dihindarkan.

Rumahweb sebagai penyedia domain murah adalah pilihan tepat bagi Anda. Tidak hanya harganya saja yang murah, melainkan juga beragam fitur yang akan membuat domain Anda tetap terjamin keamanannya.

Selain memberikan jaminan keamanan, Rumahweb juga menyajikan kemudahan dalam mengelola domain dan koneksi ke media sosial sebagai solusi branding paling praktis seperti gambar di bawah ini:

Bagi Anda yang tidak tahu bagaimana membuat website dengan TLD, tenang saja, Rumahweb menyediakan website builder. Anda tidak perlu pusing untuk memiliki website keren. Serahkan saja ke Rumahweb.

bagaimana memanfaatkan domain untuk bisnis anda?

Nah, bagaimana? Sudah siap bersaing di era digital? Kunjungi Rumahweb sekarang juga dan bersiaplah menjadi juara. Selamat mencoba!

Barakallahu fiik

***

Tulisan ini diikutsertakan dalam Rumahweb Blog Competition bertema Bagaimana Memanfaatkan Domain untuk Bisnis Anda?

SHARE:
Blog Competition(s) 0 Replies to “Memanfaatkan Domain untuk Bisnis di Era Digital”