Langkah Dasar Membuat Blog Baru, Blogger Pemula Perlu Tahu!
Langkah Dasar Membuat Blog Baru, Blogger Pemula Perlu Tahu!

Langkah Dasar Membuat Blog Baru, Blogger Pemula Perlu Tahu!

Langkah Dasar Membuat Blog Baru – Membuat blog sebenarnya sangat mudah, yang susah adalah membangun dan mengembangkannya. Namun ketika kegiatan blogging itu ditekuni, maka akan terasa mudah juga. Sebagai langkah awal dalam membangun sebuah blog, ada lima langkah penting yang harus dipahami.

Menurut kami, lima bagian ini yang harus diperjelas dari awal sebelum terjun dalam dunia blogging. Membangun blog layaknya membangun sebuah rumah, ketika pondasi awal tidak kuat maka kemungkinan untuk roboh akan sangat cepat. Berikut lima langkah dasar dalam membuat blog.

Sebagai catatan. Pemikiran ini sifatnya subjektif, mungkin sesuai dengan tujuan anda dalam membangun blog dan mungkin juga tidak. Kami hanya berusaha menyampaikan secara universal.

Langkah Dasar Membuat Blog Baru

  • Tentukan niche konten

Jadi langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan hal apa yang akan ditulis dalam blog. Ini penting agar artikel yang dituliskan punya jalur yang jelas, target pembaca lebih terarah, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan artikel dan calon pembaca.

Secara garis besar niche konten pada blog dibagi dua bagian yaitu blog yang mengusung satu niche dan multi niche.

  • Pilih nama blog

Setelah menentukan niche konten yang akan diusung pada blog. Selanjutnya adalah membuat nama yang sesuai dengan niche yang diusung. kesesuaian antara niche konten dan nama blog akan membuat blog ramah di mata mesin pencari. Meskipun hal itu bukan satu-satunya hal yang berpengaruh.

Nama akan menjadi merk dagang yang akan digunakan, nama unik dan konten yang menarik akan membuat pengunjung mudah mengingatnya. Saran gunakan nama dengan karakter yang mudah dieja dan diingat

  • Pilih platform

Untuk membuat sebuah blog bisa memilih dari berbagai macam penyedia. Mulai dari membuat blog gratisan sampai membuat blog dengan domain dan hosting sendiri.

Contoh platform yang bisa digunakan adalah blogspot dari google dan wordpress yang bisa digunakan secara gratis. Untuk memilih domain sendiri anda bisa menghubungi penyedia domain dan hosting untuk membeli domain dan menyewa hosting.

Kalau ingin membeli domain dan menyewa paket hosting anda bisa menggunakan dewaweb yang saat ini lagi promo.

  • Mulai membuat blog

Setelah semua tiga persiapan diatas sudah siap, maka mulailah membuat sebuah blog. Silahkan desain tampilan blog anda, selesaikan semua persiapan awalnya dan mulailah menulis artikel pertama anda. Perkenalkan blog anda dengan cara share ke sosial media populer.

Empat langkah sederhana yang ketika dipertimbangkan dengan sangat matang maka akan membuat kita betah dan nyaman dalam aktivias blogging.

Sebuah langkah sederhana ketika dilaksanakan dengan maksimal maka akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Mulailah blogging dengan langkah tepat. Selamat berkarya!

Jangan lupa bahagia!

About admin

Check Also

Cara Memaksimalkan SEO Off Page tanpa Modal

Cara Memaksimalkan SEO Off Page tanpa Modal, Cukup Modal Tenaga

Cara Memaksimalkan SEO Off Page tanpa Modal –¬†Memaksimalkan SEO off page sangat penting dalam membangun …