ide bisnis selama pandemi

10 Ide Bisnis agar Tetap Eksis Saat Krisis

Bismillah

Bayang-bayang resesi ekonomi bisa saja terjadi pada masa pandemi ini. Tak ayal, sebagian masyarakat yang terkena imbas pandemi, memilih untuk banting setir agar roda ekonomi keluarga tetap dalam kendali.

Namun, di tengah kondisi yang sulit dan terhimpit, ternyata ada sebagian kecil entrepreneur yang masih tetap bertahan. Ya, mereka mencoba eksis dalam situasi kritis.

Baca juga: Empat Tips Berbisnis Kuliner Ramadan Kala Corona Melanda

Prinsip bisnis sukses

Berkaca dari beberapa rekan dan keponakan yang juga menjadi seorang entrepreneur, setidaknya ada sekitar 12 pinsip bisnis sukses yang harus dimiliki setiap pebisnis.

✅ Optimis

✅ Selalu semangat

✅ Peka terhadap kebutuhan pasar

✅ Tidak takut gagal

✅ Memiliki perhitungan yang tepat

✅ Inovatif dan kreatif

✅ Sabar, tekun, dan ulet

✅ Ambisius mencapai hasil maksimal

✅ Mandiri

✅ Jujur

✅ Pantang menyerah

✅ Memiliki etika dalam berbisnis

Krisis ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi pun menuntut seseorang untuk berkreasi sekreatif mungkin. Siapa yang inovatif dan kreatif, dialah yang akan tetap eksis.

Untuk itulah, ide bisnis berikut ini bisa kita coba untuk bertahan dalam situasi yang tidak nyaman.

Baca juga: Ini Dia 5 Cara Atur Keuangan Rumah Tangga Saat Ramadan di Tengah Pandemi Corona

Ide bisnis yang patut dicoba

Mencoba menerima keadaan memang tidak mudah, tetapi itulah satu-satunya hal yang bisa kita lakukan. Menyangkal kondisi yang tidak menyenangkan secara terus-menerus justru akan membahayakan kesehatan.

Baca juga: Acceptance untuk Membangun Mindset Positif Selama Karantina

Jika selama ini kita berada dalam zona nyaman, inilah saatnya untuk keluar dari zona tersebut. Paksalah diri sendiri untuk tetap kreatif.

Benar adanya jika ada ungkapan keterpaksaan memaksa kita untuk bisa. Dalam situasi terjepit, biasanya seseorang akan bertindak dengan segala cara agar bertahan. Dengan kata lain, the power of kepepet.

Naluri bertahan hidup benar-benar ada. Inilah salah satu hikmat pandemi Corona.

Pertanyaannya, ide bisnis bagaimana yang bisa kita coba agar tetap eksis?

Bisnis snack kiloan

Bisnis ini terlihat menjamur beberapa selama kurun waktu tertentu. Kita juga bisa mencobanya, lo. Pastikan produk yang kita jual benar-benar terjamin, ya. Jangan hanya karena menginginkan untung berlimpah, segala cara kita halalkan.

Baca juga: Muslimah Tetap Bisa Produktif di Rumah

Bisnis kopi seliter

Bisnis kopi seliter ini terinspirasi dari salah seorang kawan di Jakarta. Beliau memiliki kedai kopi yang sangat menggiurkan.

Pemberlakuan PSBB tentu menyebabkan para penikmat kopi tersiksa bukan kepalang karena tidak mampu menyeruputnya di kafe seperti biasa. Namun, jangan khawatir, kita tetap bisa menikmati kopi dari rumah.

ide bisnis laris manis saat pandemi

Bagi teman-teman yang tertarik, bisa menghubungi kawan saya tersebut di IG @kedaikopi19 atau WhatsApp: 0821-1219-4340/ 0813-1067-7745.

On-demand cleaning service

Memberikan pelayanan kebersihan dari rumah ke rumah, juga bisa sangat menjanjikan, lo. Biasanya, orng akan mager dan mudah merasa bosan selama bekerja dari rumah. Akibatnya, kebersihan rumah pun akan terbengkalai. Nah, di sinilah kita mencari peluang usaha.

Home leisure wear

Semenjak orang-orang berada di rumah saja, bisnis fashion pun mengalami penurunan. Nah, kalau saat ini kita menggeluti bisnis tersebut, cobalah untuk beralih ke home leisure wear.

Tampil fashionable meski hanya di rumah, lalu dipamerkan di Instagram. Bukankah itu yang saat ini mereka butuhkan? Kita bisa memulainya dengan mengenalkan piama cantik untuk emak-emak milenial.

Bisnis frozen food

Frozen food memang tidak ada matinya. Bisnis ini tetap dibutuhkan semua orang. Terlebih, situasi pandemi memaksa orang untuk tidak bepergian keluar rumah. Simple cooking pun menjadi andalan.

Pastikan frozen food yang kita tawarkan benar-benar awet dan tahan lama.

Kalau kita tidak terlalu berbakat dalam memasak, cobalah untuk bergabung menjadi marketer agen frozen food. Lumayan, kan? Tidak perlu menstok produk, tetapi bisa menghasilkan rupiah.

Bisnis herbal

Eit … jangan salah, bisnis herbal juga menjanjikan, lo. Masyarakat saat ini sedang berupaya meningkatkan imunitas tubuh dengan beberapa ramuan herbal. Kita bisa memanfaatkannya.

Bisnis kurma

Bulan Ramadan selalu identik dengan kurma. Ya, karena salah satu sunnah berbuka puasa adalah dengan makan kurma. Jika memang tren konsumsi masyarakat demikian, kenapa tidak kita coba saja? Ya, kan?

Bisnis masker kain

Untuk beberapa orang yang memiliki keahlian menjahit, bisnis masker kain juga sangat menghasilkan. Saya banyak mengamati beberapa rekan yang sukss bergelut di bisnis ini. Bahkan, ada pula yang memodifikasi masker kain menjadi masker rajutan. Hasilnya, cantik sekali.

Bisnis beauty on-demand

Bagi mereka yang terbiasa menjalani perawatan di salon kecantikan, pandemi Corona ini tentu sangat menyiksa. Bagaimana tidak? Mereka tidak bisa melakukan treatment di klinik kecantikan kesayangan. Nah, kalau kita memiliki salon kecantikan, kenapa tidak menawarkan beberapa layanan, seperti menjemput bola ke rumah pelanggan, drive-thru treatment, atau penjualan produk secara online.

Jasa online

Bisnis jasa online bisa bermacam-macam, seperti freelance editor dan kelas online. Bisnis ini cukup menjanjikan. Manfaatkan keahlian yang kita miliki untuk bertahan di tengah pandemi. Coba saja, deh.

Selamat mencoba.

Barakallahu fiikum.

Photo credit: pixabay

#inspirasiramadhan

#dirumahaja

#flpsurabaya

#BERSEMADI_HARIKE-10

About The Author


Renita Oktavia

A keep-learning mommy. A wife. A chocolate lover. A coffee addict. An editor. Also a contributor on Estrilook, Takaitu, Makmood Publishing, and Joeragan Artikel. For business inquiries, you can reach me on renita.oktavia.blog@gmail.com

4 Comments

  1. waahhh…aku tak jadi customernya saja mba, kalo jadi pebisnis snack dan makanan, sudah habis duluan di makan krucil2 q mba,hihihi…tp emang di wa story jadi banyak pebisnis dadakan, alhamdulillah jadi memudahkan para customer, hehehe

Leave a Comment