Dampak Mengganti Tema Blog terhadap SEO ON Page
Dampak Mengganti Tema Blog terhadap SEO ON Page

Dampak Mengganti Tema Blog terhadap SEO ON Page

Dampak Mengganti Tema Blog – Tema blog adalah bagian penting yang harus dipertimbangan sejak awal. Pada saat memulai membuat blog pilihan tema harus dimantapkan terlebih dahulu sebelum lanjut ke hal lainnya. Kesalahan memilih tema sejak awal akan berpengaruh pada kesehatan blog dimata mesin pencari nantinya.

Mesin pencari melakukan pengideksan pada blog mulai dari tema sampai artikel. Artinya bahwa apabila terjadi perubahan pada tema atau template yang digunakan maka mesin pencari harus melakukan pengindeksan ulang.
Berikut beberapa dampak yang bisa terjadi akibat terlalu sering mengganti tema blog.

Dampak Mengganti Tema Blog

  • Kehilangan identitas

Tema bisa menjadi identitas pertama yang dikenali oleh pengunjung. melakukan pergantian tema bisa berpengaruh pada aktivitas pengunjung pada blog. Hal yang sudah dikenali pengunjung misalnya alat navigasi akan berubah seiring pergantian tema.

Identitas blog itu penting, oleh karena itu pergantian tema jangan terlalu sering dilakukan. Kecuali hal itu benar-benar merupakan tuntutan dalam pengembangan blog misalnya ada perubahan algoritma mesin pencari dan tema yang digunakan sudah tidak support lagi dengan algoritma tersebut.

  • Mengganggu proses indeks blog

Proses indeks blog pada mesin pencari akan terganggu apabila terlalu sering melakukan pergantian tema. Setiap tema memiliki perbedaan masing-masing sehingga mesin pencari harus melakukan penelusuran ulang yang akhirnya menghambat proses indeksing.

  • Tema blog memiliki struktur yang hampir sama

Pada dasarnya perubahan tema blog dilakukan karena ingin yang terbaik. Terbaik maksudnya dari segi tampilan dan kekuatan seo. Namun secara sepintas persoaan tema tidak bisa dilihat secara langsung dari segi SEO. Harus melihat dari struktur html yang membangunnya, artinya harus melakukan penyuntingan tema terlebih dahulu.

Namun, selain itu bisa dilihat dari keterangan dari tema tersebut. Jadi, yang penting untuk diperhatikan adalah dari segi tampilan. Kemudian melakukan pengetesan melalui tampilan desktop dan mobile.

Jadi, mengganti tema akan sangat berdampak buruk bagi perkembangan blog. Oleh karena itu, untuk melakukan pergantian tema atau template blog harus dilakukan dengan pertimbagan matang dan alasan tertentu.

Jangan hanya karena melihat tema blog yang digunakan blogger lain kelihatan bagus dari dari segi tampilan sehingga ingin menggunakan tema yang serupa.

Jangan lupa bahagia!

About admin

Check Also

Cara Mengamankan Blog dari Serangan Hacker

Cara Mengamankan Blog dari Serangan Hacker

Cara Mengamankan Blog dari Serangan Hacker¬† – Serangan hacker merupakan isu sensitif di dunia maya. …