Renita Oktavia

I read so I write

Kategori: Aqidah

September 29, 2019

Siapa yang Edan? Kita Atau Sang Zaman?

Bismillah “Saiki jaman e jaman edan rek, lek ra edan ra keduman.” (Sekarang zamannya saman edan, kalau gak ikutan edan, gak kebagian) “Hari ini gue sial banget! Selalu aja kayak gini!” “Wooo lha pantes aku apes terus, iki wulan Suro” (Pantas aku sial terus, ini bulan Suro) Sepele, Tetapi Bermasalah Pernah mendengar kalimar-kalimat tersebut? Saya […]

September 25, 2019

Khotbah Dramatis Sang Iblis

Bismillah Khotbah dramatis sang iblis? Apa jadinya kalau sang iblis berkhotbah dalam suasana yang dramatis? Khotbah iblis ini benar-benar menyentuh hati hingga siapa pun yang mendengarnya akan merasa teriris. Namun, benarkah iblis mampu berkhotbah? Benarkah khotbahnya membuat siapa pun berbasah-basah? Lantas, akankah rahasia terdedah? Ingin tahu bagaimana khotbah dramatis sang iblis? Simak penjelasannya berikut ini. […]

September 10, 2019

Bolehkah Menambah Nama Suami di Belakang Nama Istri?

Bismillah Ada suatu fenomena menarik di kalangan sebagian kaum Muslimin. Apa itu? Para wanita yang telah menikah, menambahkan nama suami tepat di belakang nama istri. Pernah menjumpai hal tersebut? Maksudnya gimana, nih? Misal, ada wanita bernama Zainab. Ia kemudian menikah dengan seorang laki-laki bernama Zein. Nah, Zainab ini menambahkan nama “Zein” tepat di belakang namanya, […]

September 9, 2019

3 Cara Move On yang Patut Kamu Coba

Bismillah Joy and sorrow are inseparable. They come up together. And when one of them sits alone by your side, bear in mind that another one is asleep under your bed. Cemas memikirkan masa depan, galau karena diputuskan secara sepihak dari tempat kerja, atau sedih berkepanjangan karena kehilangan orang tercinta, sebenarnya adalah hal yang sangat […]

September 5, 2019

Jurus Mendidik Anak Sesuai Syariat Islam

Bismillah Saya menuliskan ini, bukan berarti saya ahli parenting. Saya masih dalam tahap belajar dan ingin berbagi agar kita sebagai orang tua tidak terlena dengan dunia. Bukankah belajar itu sampai ke liang lahat? Mendidik anak sesuai syari’at Islam ternyata ada jurusnya; ada ilmunya. Para ulama Salaf memotivasi untuk memiliki ilmu sebelum beramal. Ini adalah peringatan […]

September 4, 2019

Ternyata 3 Amalan Pada Akhir dan Awal Tahun Hijriyah Ini Keliru, Gaes

Bismillah Alhamdulillah ya kita sudah memasuki bulan Muharram 1441 Hijriyah. Tidak terasa, waktu bergulir semakin cepat. Sebenarnya postingan ini sudah lama mengendap di draft dan belum sempat di-publish. Namun, nggak apa-apa kan kalau di-post sekarang? Gaes, kita pasti tahu bahwa pada setiap akhir dan awal tahun Hijriyah, sebagian orang sibuk melakukan amalan-amalan ibadah. Mereka mengkhususkan […]

Agustus 4, 2019

Merdeka Itu …

Bismillah Banyak orang merayakan hari kemerdekaan. Pekik “merdeka” bertalu-talu bersahutan. Euforia kemerdekaan disambut meriah. Pesta demi pesta digelar. “Kita telah bebas dari belenggu penjajah!”, demikian celotehnya. Rakyat dihibur dengan pesta megah tujuh belas Agustusan. Musik didendangkan. Penari latar disuguhkan. Semua berdendang. Semuanya bergembira ‘karna inilah saatnya menikmati kemerdekaan, begitulah yang disangkakan. Karena konon katanya, tujuh […]

Juli 28, 2019

Bersabarlah Duhai Jiwaku!

Bismillah “O you who are patient! Bear a little more, just a little more remains.” Kutipan dari Ibn Qayyim al Jauziyyah di atas adalah salah satu kutipan favorit saya. Di saat saya merasa terpuruk dan tak mampu berbuat apa pun, saya memunculkan kembali kutipan itu di dalam pikiran. Hidup memang tidak akan pernah terlepas dari […]

Juli 25, 2019

Ibu, Setinggi Apa Cita-Citamu untuk Buah Hatimu?

Bismillah “Saya ingin kelak anak saya jadi seorang jutawan…” “Halah bu…bu…anak saya udah bisa ngaji aja saya udah seneng. Saya gak mau muluk-muluk” “Bu Ren, saya ini ndak pinter ilmu agama, anak saya mau shalat aja saya gembiranya gak ketulungan.” ————– Masya Allah. Itu cuplikan curhatan para ibu ketika saya mengobrol dengan mereka tentang anak. […]

Juli 5, 2019

Tak Selamanya Neraka Itu Panas

Bismillah Pernah mendengar idiom bahasa Inggris yang bunyinya when hell freezes over? Idiom tersebut digunakan untuk menyatakan sesuatu yang mustahil. Sesuatu yang muskil terjadi. Kenapa dikatakan when hell freezer over? Karena memang neraka (hell) itu tidak mungkin membeku. Karena neraka itu identik dengan panas yang dahsyat sekali. Benarkah demikian? Tulisan kali ini tidak akan membahas […]

You are here: Page 1