Cara Setting WordPress, Blogger Pemula Wajib Tahu!
Cara Setting WordPress, Blogger Pemula Wajib Tahu!

Cara Setting WordPress, Blogger Pemula Wajib Tahu!

Cara Setting WordPress – Setting WordPress adalah bagian penting yang harus diatur sebelum mulai menulis. Pengaturan ini akan berhubungan dengan teknik SEO on page. Pada dasarnya hal ini terkesan sepele sehingga terkadang dilupakan.

Artikel ini ditulis untuk mengingatkan bagian-bagian penting yang harus diatur. Pada bagian ini terdapat tujuh bagian mengenai pengaturan tersebut yang akan kita bahas satu per satu. Semoga pembahasannya benar.

Pengaturan WordPress dibagi menjadi tujuh bagian, yaitu pengaturan umum, pengaturan penulisan, pengaturan membaca, pengaturan diskusi, pengaturan media, pengaturan permalink, dan pengaturan berbagi.

Cara Setting WordPress

  • Pengaturan Umum

Setting wordpress yang pertama adalah tentang setting umum. Di bagian ini tentang identitas situs yang dikelola. Bagian penting dalam pengaturan umum ini adalah nama situs (nama ini dibuat selama instalasi wordpress). Slogan situs (serta judul situs bagian ini juga telah dibuat saat instalasi pertama dan masih dapat direset).

Untuk wordpress, url dan alamat situs dapat dibiarkan default kecuali jika Anda ingin membuat alamat beranda berbeda dari direktori instalasi.

Alamat email, untuk alamat email disini adalah email admin. Sebagai alamat pengiriman berbagai macam notifikasi. Bisa menggunakan alamat email admin atau menggunakan alamat yang digunakan untuk proses instalasi.

Keanggotaan, pada bagian ini bila dicentang, pengunjung dapat mendaftar di situs sebagai anggota. Kami dapat mengelola keanggotaan, sebagai kontributor pelanggan, penulis, editor, atau administrator. Jika Anda tidak ingin pengunjung mendaftar maka Anda tidak boleh memeriksanya.

Bagian zona waktu sepenuhnya harus dibiarkan sebagai default.

  • Pengaturan tulisan

Kategori posting default dan format posting default dapat dibiarkan default atau diatur sesuai keinginan. Pengaturan ini akan mempengaruhi tampilan artikel nanti di halaman. Selain itu, dapat dibiarkan default kecuali jika Anda ingin mengirim artikel melalui email.

  • Pengaturan membaca

Di bagian ini ada halaman depan yang ditampilkan. Anda dapat memilih untuk menampilkan artikel terbaru di halaman utama atau halaman statis. Ini tergantung selera membangun blog.

Atur jumlah artikel yang muncul di halaman utama saat memilih artikel terbaru yang muncul di halaman utama. Anda dapat mengaturnya sesuai keinginan. Posting terkait di akhir artikel, dapat dibuat dalam bentuk teks saja atau menampilkan gambar agar terlihat lebih indah dan menarik.

Pengaturan Follower, dapat mengubah kalimat selamat datang menjadi pengikut blog yang mendaftar email dan konfirmasi untuk berlangganan blog.

  • Pengaturan diskusi

Pengaturan penulisan default, secara default semua dicentang. Tetapi ketika Anda tidak ingin melacak pingback saat memposting tautan internal ke artikel lain di blog, maka bagian kedua tidak dicentang. Pingback akan meminta moderasi sebagai komentar dan akan muncul di kolom komentar jika dicentang.

Moderasi komentar juga perlu diatur di bagian sebelum komentar muncul. Kami menyarankan agar komentar ditahan dan dimoderasi secara manual. Bahkan jika Anda sudah menggunakan plugin perlindungan, penting untuk mengetahui apakah komentar layak untuk diposting di blog yang dikelola atau tidak.

Selanjutnya, pengaturan lain hanya dapat dilakukan secara default.

  • Pengaturan media

Di bagian ini kita dapat menentukan batas minimum gambar yang diunggah. Ukuran minimal mulai dari ukuran mini, sedang dan besar. Mungkin lebih baik default saja karena pada dasarnya ukuran gambar yang disertakan dalam artikel menggunakan ukuran penuh dan diatur pada ukuran gambar sebelum diunggah.

  • Pengaturan tautan permanen

Pengaturan permalink ini sangat penting untuk diatur. Pilihannya sangat beragam, jika kita hanya menulis nama maka urlnya tidak terlalu panjang.

  • Pengaturan berbagi

Dalam pengaturan berbagi ini Anda dapat memilih ikon media sosial. Ikon media sosial digunakan untuk membagikan artikel ke berbagai media sosial populer.

Tentang Setting wordpress

Setting WordPress yang kita bahas di atas setelah menginstal plugin jetpack. Jadi jika Anda belum menginstal plugin jetpack, beberapa bagian tidak akan berfungsi.

> Jadi penggunaan plugin pada platform wordpress sangat mendukung kinerja blog.

Kami tidak memberikan cara setting terbaik, karena sebenarnya setiap blogger memiliki selera masing-masing dalam menentukan setting terbaik. Kami hanya mengingatkan bagian-bagian yang penting untuk diatur. Jadi silahkan berkreasi sesuai selera blog anda.

Jangan lupa bahagia!

cara setting wordpress untuk blogger pemula

About admin

Check Also

Cara Mengamankan Blog dari Serangan Hacker

Cara Mengamankan Blog dari Serangan Hacker

Cara Mengamankan Blog dari Serangan Hacker¬† – Serangan hacker merupakan isu sensitif di dunia maya. …