Cara Setting Tampilan Blog WordPress, Pemula Boleh Coba Ini!
Cara Setting Tampilan Blog WordPress, Pemula Boleh Coba Ini!

Cara Setting Tampilan Blog WordPress, Pemula Boleh Coba Ini!

Cara Setting Tampilan Blog WordPress – Tampilan blog menjadi bagian penting dari pengembangan blog. Blog wordpress pada dasarnya sangat mudah untuk didesain tampilannya. Tema wordpress sudah didesain sedemikian rupa agar pengguna merasakan kemudahan dalam hal customize tampilan.

Namun bagi pemula, setting tampilan blog mungkin masih jadi masalah. Oleh karena itu kami ingin berbagi tutorial tentang fungsi dari tampilan blog pada wordpress. Setting tampilan meliputi penempatan widget, pemilihan warna dan lainnya.

Terkait masalah widget ada pembahasan khusus silahkan dikunjungi Widget Penting Untuk Blog

Cara Setting Tampilan Blog WordPress

Sebelum masuk pada cara setting/pengaturannya maka terlebih dahulu adalah tentang pengenalan menu tampilan. Menu tampilan secara default memiliki 6 (enam) elemen.

Penambahan elemen akan terjadi tergantung tema yang digunakan. Elemen pada menu tampilan adalah Tema, sesuaikan, widget, menu, edit css, dan penyunting.

Keenam bagian tersebut akan kami coba bahas satu persatu. Tentunya sesuai dengan standar pengetahuan kami yang serba terbatas. Baiklah langsung saja masuk intinya.

  • Tema wordpress

Tema wordpress merupakan induk dari keseluruhan tampilan. Tema ini yang akan menentukan bentuk dari tampilan blog secara umum. Tema memuah header, sidebar, footer, dan halaman blog. Pemilihan tema yang tepat akan berpengaruh pada penyesuaian tampilan berikutnya.

> Sebagai catatan: Pilih tema responsive dan mobile friendly agar mudah dalam hal SEO.

Tema wordpress terdiri dari dua jenis yaitu tema gratis dan tema premium. Kedua jenis tema ini memiliki kelebihan dan kekurangan dari segi dukungan dari pengembang dan fitur yang dimiliki.

  • Sesuaikan tampilan

Bagian ini merupakan tempat untuk mengatur berbagai macam hal yang ingin ditampilkan dalam blog. Pada bagian ini akan muncul berbagai elemen sesuai dengan fitur yang diberikan oleh masing-masing tema yang dipilih. Fitur umum yang selalu ada pada setiap tema adalah identitas situs, Menu, dan widget.

Pada dasarnya pada menu sesuaikan ini hal yang paling sering di atur adalah tentang penempatan widget. Apabila tema yang dipilih memberikan support untuk penempatan widget di sidebar dan footer maka silahkan maksimalkan bagian tersebut.

Sebagai catatan: Setiap tema memberikan support yang berbeda terkait penempatan widget. Ada tema yang melengkapi dengan widget ads atau pemasangan iklan yang bisa ditempatkan di sidebar, footer, dan header. ada juga yang hanya sebatas memberikan ruang untuk pemasangan widget standar.

Untuk memasang hal-hal lain selain apa yang secara default disediakan oleh tema, maka bisa menggunakan teks (sembarang teks atau HTML) pada pilihan tambahkan widget atau menggunakan shortcode. Silahkan install plugin shortcode terlebih dahulu.

  • Menu wordpress

Menu wordpress merupakan tempat untuk memunculkan menu pada halaman blog. Setiap tema memberikan fasilitas menu berbeda, ada tema yang memberikan tiga jenis menu yaitu main menu, header menu, dan footer menu. Setiap item menu yang diberikan oleh tema harus dimanfaatkan dengan maksimal.

Untuk main menu biasanya menempatkan home, dan kategori dalam blog. Untuk header atau footer menu biasanya ditempatkan menu navigasi blog seperti tentang blog, kebijakan privasi dan kontak.

  • Edit CSS

Edit CSS adalah item tambahan yang diberikan kepada pengelola blog yang memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk membuat CSS. Menu edit CSS ini akan memberikan efek tampilan tambahan selain yang diberikan tema secara default. Apabila belum memahami tentang membuat CSS maka bagian ini diabaikan saja.

  • Penyunting

Bagian ini adalah tempat untuk melakukan perubahan tema, baik sebagaian ataupun secara keseluruhan. Tentunya untuk melakukan ini dibutuhkan kemampuan tentang bahasa pemrograman yang mumpuni. Namun bagian ini juga bisa dibuka sekali-sekali apabila ingin menempakan kode html dari google analitic dan webmaster serta kode ads lainnya.

Sebagai catatan: Untuk membuka bagian ini dan belum memiliki kemapuan membaca bahasa pemrograman dengan baik, maka perhatikan baik-baik petunjuk pemasangan kode dari kode yang akan dipasang.

Pada dasarnya untuk membangun sebuah blog wordpress dan tidak ingin bersentuhan dengan kode maka bisa menggunakan bantuan plugin. Plugin akan memudahkan berbagai macam pekerjaan dalam membangun blog termasuk dalam setting tampilan blog.

Jangan lupa bahagia!

About admin

Check Also

Cara Mengamankan Blog dari Serangan Hacker

Cara Mengamankan Blog dari Serangan Hacker

Cara Mengamankan Blog dari Serangan Hacker¬† – Serangan hacker merupakan isu sensitif di dunia maya. …