Cara Menulis Artikel Blog WordPress
Cara Menulis Artikel Blog WordPress

Cara Menulis Artikel Blog WordPress, Hanya Cocok untuk Blogger Pemula

Cara Menulis Artikel Blog WordPress – Menulis artikel merupakan kegiatan wajib bagi seorang blogger. Menulis artikel pada blog tentunya memiliki banyak perbedaan dengan menulis artikel pada media lain. Pada penulisan artikel blog, unsur SEO sangat penting.

Oleh karena itu perlu blogger perhatikan hal-hal yang berhubungan dengan SEO dalam menuliskan sebuah artikel.

Menulis artikel dan mengabaikan SEO maka bisa jadi, tulisan tidak akan sampai ke target pembaca. Meskipun tulisan tersebut berkualitas, namun harus diakui bahwa kualitas tulisan ditentukan oleh robot sehingga tidak dibaca secara detail setiap tulisan.

Untuk menunjukkan bahwa artikel yang blogger buat berkualitas maka robot mesin pencari memiliki kriteria tersendiri. Tulisan berkualitas (menurut robot) akan berpengaruh pada proses indeks artikel tersebut.

Silahkan baca Lima cara indeks blog pada mesin pencari. Semoga artikel tersebut membantu proses indeks blog secara keseluruhan dan indeks tiap artikel anda.

Cara Menulis Artikel Blog WordPress yang Baik

Artikel yang baik untuk tulisan pada blog ditinjau dari dua sudut pandang yaitu sudut pandang manusia sebagai pembaca dan sudut pandang robot sebagai perantara. Jadi, artikel baik terlebih dahulu harus blogger buat dengan dasar bahwa tulisan tersebut memiliki nilai manfaat bagi pembaca.

Setelah tahapan pertama selesai maka selanjutnya masuk pada sudut pandang robot.

Untuk mendekati sudut pandang robot maka kita mulai bersentuhan dengan SEO. Hal-hal yang perlu blogger perhatikan agar artikel apa yang ia tulis baik di mata mesin pencari adalah sebagai berikut:

  • Original

Tulisan yang kita buat adalah hasil pemikiran sendiri (bukan artikel copy paste dari blog/website lain). Apabila artikel di copy dari tempat lain maka robot akan menemukan kesamaan kode dan tentunya akan berdampak buruk pada blog.

Ingat bahwa adanya kesamaan kode yang ditemukan oleh robot-robot mesin pencari menyebabkan artikel yang kita publikasikan akan terlihat buruk di mata mesin pencari.

  • Fokus Kata Kunci

Kata kunci dari artikel yang kita buat memiliki peran kuat dalam mempengaruhi mesin pencari. Pada dasarnya mesin pencari akan menampilkan artikel blog/website yang memiliki kesamaan dengan kata yang kita tuliskan oleh pencari informasi di internet (pengunjung) atau paling tidak memiliki relevansi.

Untuk melakukan pencarian kata kunci bisa menggunakan tools dari google yaitu Goole Key Planner

Jumlah kata kunci dalam tubuh artikel tidak boleh terlalu sedikit apalagi terlalu banyak. Kelebihan kata kunci dalam satu artikel bisa menyebabkan sebuah artikel akan jadi spam.

Terkait kata kunci, untuk blog wordpress bisa menggunakan tools dari plugin SEO.

Melalui fitur plugin SEO jumlah kata kunci bisa kita ukur proporsional atau tidaknya. Sehingga akan terlihat ramah di mata mesin pencari.

  • Jumlah Kata

Jumlah kata dalam artikel menjadi salah satu pertimbangan robot mesin pencari. Mesin pencari akan sangat senang dengan artikel yang kita buat dengan jumlah kata dengan rentang 500-1.000 kata. Namun beberapa plugin seo lewat pengukurannya memberikan toleransi sampai batas 300 kata.

Jumlah kata jangan menjadi patokan utama, yang penting adalah maksud dari tulisan sudah tersampaikan dengan jumlah kata yang ada atau belum.

Jadi, buat artikel sedemikian rupa agar artikel tersebut komplit dalam sudut pandang informasi.

Cara Menulis Artikel Blog di WordPress

  • Kategori dan Tag

Selain dalam tubuh artikel pemberian tag dan kategori juga penting. Kategori dan tag akan mengumpulkan artikel yang sejenis dalam satu tempat sehingga proses indeks akan lebih mudah.

Semakin banyak kategori yang kita buat dalam satu blog maka semakin lama artikel tersebut terindeks secara penuh.

  • Gambar Penunjang

Bagian terakhir yang perlu kita perhatikan dalam penulisan artikel di blog adalah tentang gambar penunjang. Pada blog wordpress ada ruang untuk memasukkan gambar utama dan media. Gambar utama akan menjadi gambar yang akan tampil sebagai thumbnail artikel pada halaman depan blog.

Sementara gambar media paling sering blogger gunakan pada blog tutorial dan letaknya ada dalam tubuh artikel.

Semoga tidak kebingungan dengan tulisan kami tentang cara menulis artikel blog.

Mudah-mudahan bisa menjadi perbandingan informasi. Selamat berkarya hasilkan karya original yang berkualitas. Demikian informasi Cara Menulis Artikel Blog WordPress ini bermanfaat ya.

Jangan lupa bahagia!

Silahkan Bagikan Artikel Ini.

Cara Menulis Artikel Blog di Blogger

About admin

Check Also

Cara Memaksimalkan SEO Off Page tanpa Modal

Cara Memaksimalkan SEO Off Page tanpa Modal, Cukup Modal Tenaga

Cara Memaksimalkan SEO Off Page tanpa Modal – Memaksimalkan SEO off page sangat penting dalam membangun …