4 Tips agar Work From Home Tetap Produktif Selama Ramadan

Bismillah

Rasanya sedih sekali karena Ramadan tahun ini hanya bisa berdiam diri. Tak ada kegiatan di Masjid, apalagi silaturahmi. Benar-benar Ramadan yang berbeda karena harus berhadapan dengan Corona.

Meski demikian, tak selayaknya kita larut dalam kesedihan.

Baca juga:

Memaknai Ramadan di Tengah Pandemi Corona

Berpuasa Ramadan saat Corona menyapa tidak bisa dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Taat pada anjuran pemerintah menjadi satu keharusan. Work from home dan physical distancingdemi memutus mata rantai penyebaran COVID-19 pun menjadi pilihan.

Menjaga produktivitas agar work from home lebih berkualitas

Tak bisa dipungkiri bahwa swakarantina sungguh sangat membosankan. Rumah pun terasa seperti penjara.

Baca juga:

Saat Rumah Laksana Penjara

Hey … percayalah, semua ada hikmahnya, kok. Justru pada saat-saat seperti inilah, kita harus bisa menantang diri sendiri untuk tetap produktif, ya.

Hidup harus terus berjalan. Menjaga produktivitas agar work from home menjadi lebih berkualitas, sepertinya menarik untuk dilakukan.

Kalau begitu, apa yang sebaiknya kita kerjakan untuk menjaga produktivitas selama berpuasa Ramadan bersama Corona?

1. Penuhi kebutuhan logistik

Mengingat Ramadan kali ini penuh dengan gejolak, tentunya memenuhi kebutuhan logistik menjadi prioritas utama. Jangan sampai masalah logistik menjadi penghalang work from home.

Nggak lucu, kan, kalau selama work from home, kita malah kehabisan logistik. Urusan perut hendaknya tak bisa diabaikan, ya, Kawan. Kejahatan itu bermula dari kurangnya perhatian terhadap perut. Perut yang lapar akan memicu kejahatan. Poverty creates crimes, begitu kira-kira.

Memenuhi kebutuhan logistik bisa tetap dilakukan dengan berbelanja online. Mengapa? Pada prinsipnya, berbelanja online lebih praktis aja, sih. Kita tidak perlu keluar rumah, kan? Syaratnya, tetap harus memperhatikan protokol kesehatan saat menerima paket pesanan, ya. Nanti insyaallah akan dibahas, deh.

Pun, jangan sampai melakukan panic buying. Bijak dalam berbelanja dan mengelola keuangan saat pandemi tentu lebih utama. Untuk masalah ini, insyaallah juga akan dibahas. Hehehe. Tenang, udah ada draft-nya di kepala.

2. Tidak tidur setelah sahur

Biasanya kita makan sahur sekitar pukul 3.00 pagi, kan? Sesudahnya, sebagian orang memilih untuk tidur. Wajar, sih, karena tubuh sibuk mencerna makanan sehingga otak mengirim sinyal agar sel darah menjauh. Akibatnya, otak kekurangan darah dan timbullah rasa kantuk.

Meski godaan untuk tidur setelah makan sahur begitu menggiurkan, ada baiknya kita tidak melakukannya. Kenapa? Karena tidur sudah makan sahur justru akan membuat tubuh kita lemas dan tak bersemangat.

Kembali tidur setelah sahur ternyata bisa menghambat metabolisme tubuh, lo. Akibatnya, berbagai macam penyakit akan datang silih berganti.

Kalaupun ingin tidur, sebaiknya dilakukan setelah matahari terbit, misal pada pukul 7.00 pagi.

Ibnu Qayyim rahimahullah menjelaskan:

“Di antara hal yang makruh menurut para ulama adalah tidur setelah shalat Shubuh hingga matahari terbit karena waktu tersebut adalah waktu memanen ghonimah (waktu meraih kebaikan yang banyak.” (Madarijus Salikin, 1: 369)

Nah, kita bisa mengisi waktu setelah sahur hingga salat Subuh dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat, misal tilawah Al-Qur’an, mendengarkan kajian, atau membaca buku-buku agama.

3. Mandi pagi

Meski cuma work from home, bukan berarti mandinya nanti pada siang hari. Hahaha.

Mandi pagi bisa membuat tubuh dan pikiran terasa lebih segar. Suhu air yang dingin ternyata bisa memicu otak menghasilkan hormon yang membantu pikiran tetap waspada.

Selain itu, mandi pagi bisa menjaga kesehatan rambut dan kulit. Bonusnya, tentu saja, imunitas tubuh pun akan meningkat biidznillah.

4. Buat jadwal harian

Catat apa yang ingin kamu lakukan dan lakukan apa yang telah kamu catat.

Deretan kata tersebut benar adanya. Segala sesuatu yang ditulis, tentu akan membuat kita berada dalam jalur yang benar. Writing your plan will keep you on the track. Setidaknya, kita tidak akan ‘tersesat’ hingga melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat.

Menulis jadwal harian juga membantu kita mengelola waktu dengan baik. Istilahnya, agar kita tidak terlalu keteteran karena work from home dan pandemi ini sudah cukup menguras pikiran, kan?

Nah, itu dia 4 tips work from home yang bisa membantumu tetap produktif, insyaallah.

Semoga bermanfaat.

Barakallahu fiikum.

#inspirasiramadan

#dirumahaja

#flpsurabaya

#BERSEMADI_HARIKE-4

About The Author


Renita Oktavia

A keep-learning mommy. A wife. A chocolate lover. A coffee addict. An editor. Also a contributor on Estrilook, Takaitu, Makmood Publishing, and Joeragan Artikel. For business inquiries, you can reach me on renita.oktavia.blog@gmail.com

Leave a Comment