Renita Oktavia

I read so I write

November 26, 2019

Review Kitab Terjemahan Syarah Adabul Mufrad Jilid 1 dan 2

Bismillah

Penulis: Imam Al-Bukhari

Pen-syarah: Syaikh Dr. Muhammad Luqman as-Salafi

Penerjemah: M. Taqdir Arsyad

Penerbit: Griya Ilmu

Jilid 1: 667 halaman (hardcover)

Jilid 2: 640 halaman (hardcover)

Al-Imam Al-Bukhariy … penjaga Islam dan kaum muslimin, pemuka para ahli hadis … seorang ulama besar dengan karya-karya fenomenal dan monumental, salah satunya adalah kitab Al-Adabul Mufrad yang telah di-syarah oleh beberapa ulama.

Kitab Syarah Adabul Mufrad merupakan verai terjemahan dari kitab syarah Rasysyul Barad Syarh Al-Adabil Mufrad oleh Dr. Muhammad Luqman As-Salafiy, seorang Rektor Universitas Islam Ibnu Taimiyyah, Darussalam India. Beliau juga menjabat sebagai direktur Markaz Research ‘Abdul ‘Aziz bin Baaz, Darussalam, India.

Isi Kitab

Sesuai dengan judul naskah aslinya, Al-Adabul Mufrad, kitab ini menyajikan adab dan akhlak Islam yang unik dan lengkap. Tentu saja, semuanya diambil dari hadis-hadis Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan atsar para shahabat beliau.

Jangan salah, kitab ini merangkum seluruh adab dan akhlak Islam mulai dari hal-hal yang kecil dan sederhana hingga ke hal-hal besar dan kompleks yang dibutuhkan setiap muslim dalam kehidupannya.

Sistematika penulisannya (mungkin) terkesan kurang sistematis. Namun, kalau kita teliti lebih jauh, hal tersebut disebabkan karena antara satu hadis dengan hadis yang lain mempunyai keterkaitan. Jadi, misal, ketika membahas tentang keutamaan istigfar dan taubat pada poin 627, penjelasan hadisnya disampaikan pada poin 618.

Mengapa Belajar Adab dan Akhlak?

Dalam Islam, adab dan akhlak menempati porsi yang sangat besar. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

“Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik akhlaknya.”

Untuk itulah, beliau mendorong umatnya agar memiliki akhlak mulia, bertatakrama yang santun, dan menghiasi diri dengan sifat terpuji.

Sebagaimana kita tahu bahwa Islam dibangun di atas pondasi berupa akhlak mulia, adab yang santun, dan berbagai sifat terpuji. Allah sendiri yang menjelaskan bahwa akhlak mulia merupakan pondasi seluruh kebaikan.

Akhlak mulia juga merupakan kunci untuk menggapai segala kebaikan, keberuntungan, dan kesuksesan. Umat Islam hanya akan sukses jika memiliki derajat akhlak tertinggi.

Syair berikut kiranya bisa dijadikan bahan renungan:

“Suatu kaum dinilai dengan akhlaknya. Jika akhlak mereka rusak, maka mereka pun akan binasa.”

Maka, tidak mengherankan jika para ulama penyusun kitab hadis telah mengkhususkan beberapa bab dalam kitab mereka untuk menjelaskan berbagai adab

Arti Penting Mempelajari Al-Adab Al-Mufrad

Kitab ini, meski terdiri dari dua jilid, dengan tebal sekitar 666 halaman per kitab, tidak akan membuat kita bosan mempelajari setiap detailnya.

Pada setiap pembahasan hadis, pen-syarah menyertakan kandungan hadis dan penjelasan beberapa kata yang dinilai sulit untuk dipahami. Cocok sekali untuk orang kurang begitu paham bahasa Arab seperti saya hehe.

Oh ya, di bagian awal kitab, dibuka dengan adab terhadap orang tua. Dimulai dengan bagaimana adab terhadap orang tua selama mereka hidup, ketika orang tua meninggal, dan bagaimana keutamaan menyambung silaturrahim terhadap kerabat orang tua. Untuk bab ini, ditulis dalam 38 poin.

Di bagian lain, kita akan menemukan bagaimana adab orang tua terhadap anak, bahwa ibu dan ayah merupakan sosok yang penuh kasih sayang. Ini pun ada kaitannya dengan bab pembuka di awal kitab.

Kitab Terjemahan yang Mudah Dipahami

Saya termasuk orang yang agak rewel mengenai buku terjemahan. Saya akan membaca jika memang kitab tersebut benar-benar mudah dipahami dan tidak bertele-tele.

Tak jarang, ketika suami membeli kitab berbahasa Arab, saya menanyakan apakah ada kitab terjemahannya? Dan saya pastikan penerjemahannya bagus. Yakali, saya yang tidak paham bahasa Arab akan mudah memahami terjemahan yang bikin pusing.

Kitab terjemahan Adabul Mufrad ini enak dibaca dan tentu saja, tidak membuat pusing kepala, apalagi buat seorang emak seperti saya.

Syarah Adabul Mufrad layak dimiliki setiap muslim di dalam rumahnya. Mungkin tidak akan habis dibaca dalam sekali duduk (yakali, ini bukan cerpen), karena membutuhkan waktu yang agak lama untuk merenungkan setiap kandungan di dalamnya.

Tak masalah jika belum selesai dibaca, yang penting sudah tersedia di rak buku kita.

Jadi, sudah punya kitab ini?

Semoga yang sedikit ini bermanfaat.

Barakallahu fiikum

SHARE:
Adab, Aqidah 6 Replies to “Review Kitab Terjemahan Syarah Adabul Mufrad Jilid 1 dan 2”
Renita Oktavia
Renita Oktavia
A keep-learning mommy. A wife. A chocolate lover. A coffee addict. You can reach me on renita.oktavia.blog@gmail.com

COMMENTS

6 thoughts on “Review Kitab Terjemahan Syarah Adabul Mufrad Jilid 1 dan 2

    Author’s gravatar

    Kitabnya ada penjelasannya gak mbak? Kayake rekomen nih

    Author’s gravatar

    Wah, setiap kitab 600 lebih halaman ya mbak. Total 1200an lebih halaman dan membacanya juga sambil direnungkan. Keren mba Renita. Akupun bisa belajar dari tulisan mbak.

    Author’s gravatar

    aku belum punya buku ini, buku kumpulan hadis masih duduk manis d rak buku hiks

    Author’s gravatar

    Wah terima kasih referensinya mbak Re, saya termasuk pembaca buruk, kalau bikin bosan, sudah malas melanjutkan. (Model begini ngaku-ngaku pengen jadi penulis? 🙈)

    Semoga kitab ini bisa menjadi salah satu alternatif bacaan ‘berat’ yang mudah-mudahan bisa saya beli dan baca sampai tuntas. (Dan diamalkan semampunya. 😁)

    Izin comot gambarnya, ya… 🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *