Renita Oktavia

I read so I write

November 23, 2019

Qailulah, Sunnah Rasulullah yang Membuatmu Sehat dan Cantik

Bismillah

Masih tetep sehat dan cantik ‘kan? Bicara tentang sehat dan cantik, saat ini banyak wanita yang melakukan perawatan ke salon agar terlihat glowing. Tak jarang, ada juga yang rela merogoh kocek jutaan untuk melakukan perubahan pada beberapa bagian fisiknya.

Tetapi tahukah kamu, bahwa terlihat sehat dan cantik itu tak hanya melulu harus pergi ke salon atau pusat perawatan tubuh. Kita bisa melakukannya sendiri di manapun kita berada. Benarkah demikian?

Dears, ada salah satu kebiasaan yang mungkin sering kamu lakukan tapi kamu enggak sadar bahwa kebiasaan tersebut selain membuat tubuh sehat dan cantik, juga bernilai pahala di sisi Allah Ta’ala. Kebiasaan ini termasuk salah satu sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Jika kamu niatkan untuk mengikuti sunnah beliau, tentunya ada pahala yang menanti. Tapi jika hanya sekedar kebiasaan saja, maka tidak akan bernilai pahala.

Penasaran, kan? Apa sih kebiasaan itu?

Yup, qailulah atau tidur siang merupakan salah satu Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Qailulah ini sangat menyehatkan, lho, Dears. Tapi ingat, jangan sampai berlebihan, ya. Tidur siang dengan porsi proporsional membantu menyehatkan tubuhmu. Satu lagi, kabar baiknya, qailulah membantu kita untuk bisa bangun melaksanakan salat malam. Luar biasa manfaatnya, bukan?

Qailulah Tidak Harus Tidur

Sebagian orang menganggap bahwa qailulah itu harus membaringkan tubuh di kasur alias tidur. Tapi yang benar adalah qailulah tidak harus tidur, istirahat sejenak di siang hari pun sudah termasuk qailulah.

Ash-Shan’ani rahimahullah berkata (yang artinya),

“Qailulah adalah istirahat pada pertengahan siang walaupun tidak tidur.” (dalam Kitab Subulus Salam)

Waktu yang Pas untuk Qailulah

Untuk hal yang satu ini, sebagian ulama berbeda pendapat tentang kapan waktu yang paling tepat untuk qailulah.

Ada satu hadis yang paling kuat yang bisa kita jadikan sandaran untuk hal ini.

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata (yang artinya),

“Mereka (para sahabat) dulu biasa melaksanakan shalat Jum’at, kemudian istirahat siang ( qailulah).” (HR. Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad)

Jadi, kalau ingin melakukan qailulah, waktu yang sangat dianjurkan adalah setelah zawal (Dzuhur).

Qailulah dalam Alquran dan Hadis

Anjuran tentang qailulah ini juga disebutkan di dalam Alquran dan hadis.

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan” (Ar-Ruum : 23)

Kita juga diperintahkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam sabda beliau (yang artinya):

“Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang.” ( HR. Abu Nu’aim dalam Ath-Thibb. Di-shahih-kan oleh Al-Imam Al-Albani)

Manfaat Tidur Siang

Setelah tahu anjuran tentang qailulah semoga kamu makin mantap, ya, menjalankan sunnah Rasul ini. Manfaat istirahat siang ini pun sangat luar biasa, mulai dari manfaat bagi kecantikan, sampai pada masalah kesehatan.

1. Mengurangi Tanda Penuaan

Menua itu pasti, Dears, tapi menjadi tetap muda adalah pilihan. Ketika kita enggan tidur siang maka akan terjadi risiko peningkatan tanda-tanda penuaan dini, seperti munculnya kerut halus, elastisitas kulit menurun, dan warna kulit tidak merata.

Sebaliknya, dengan tidur siang akan membantu tubuh kita memperbaiki sel-sel yang rusak, sehingga tanda-tanda penuaan dapat diminimalisir.

2. Mencegah Stres

Tahukah kamu, hormon stres akan mengalami penurunan secara dramatis setelah kita tidur siang. Jika tidur malammu tak nyenyak dan kamu menggantinya dengan tidur siang, saat terbangun kamu akan menjadi lebih rileks dan tidak uring-uringan.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Tidur siang dengan durasi sekitar 20-40 menit memberi efek luar biasa, yakni menurunkan resiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan ilmuwan Yunani, pukul 1-3 siang merupakan waktu yang sangat tepat untuk tidur siang. Perhatikan pula durasinya. Tidur siang yang sehat berdurasi tidak lebih dari 45 menit. Jika berlebihan, maka efeknya kepala akan terasa sangat ‘berat’.

4. Relaksasi

Tidur siang yang cukup membuat tubuh segar dan bugar. Perawatan kecantikan yang paling baik dan paling murah adalah dengan tidur siang. Seusai tidur siang, mood kita akan lebih terjaga, produktivitas dalam bekerja pun meningkat, dan menimbulkan aura positif dalam diri kita.

Nah, Dears, mulai sekarang biasakan tidur siang, yuk, dan niatkan untuk ibadah agar semuanya tidak sia-sia.

Semoga bermanfaat, ya!

Barakallahu fiikum

PS. Artikel ini pernah dimuat dalam segment Muslimah di Estrilook[dot]com. Ditulis ulang dengan beberapa perubahan.

Photo credit: unsplash.com

SHARE:
Random Thought 6 Replies to “Qailulah, Sunnah Rasulullah yang Membuatmu Sehat dan Cantik”
Renita Oktavia
Renita Oktavia
A keep-learning mommy. A wife. A chocolate lover. A coffee addict. You can reach me on renita.oktavia.blog@gmail.com

COMMENTS

6 thoughts on “Qailulah, Sunnah Rasulullah yang Membuatmu Sehat dan Cantik

    Author’s gravatar

    Kalau hari minggu aku bisa 3 jam tidur, hehehe. Ceritanya balas dendam..
    makasih informasinya mba. Tulisannya bermanfaat

    Author’s gravatar

    Harus sering-sering tidur siang ni…biar nambah cantik

    Author’s gravatar

    Informatif mbak. Aku baru tahu lho. Beda dengan pendapat lain yang bilang orang yg tidur siang itu dianggap ‘kurang produktif’
    Aku sih suka pendapat yang mbak tulis. Thanks mbak

    Author’s gravatar

    Mari kita rutinkan bobok siang heheheh

    Mampir ke blogku kak

    Author’s gravatar

    Ternyata tidur siang bisa untuk menjaga kecantikan juga ya, terima kasih infonya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *