Oktober 5, 2019

This Too Shall Pass

Bismillah

Pernah membisikkan “Yes, I can do it!” ke diri sendiri? Lalu engkau merasa mampu menghadapi segala kelu. Engkau merasa mampu menghadang segala rintangan.

Pernahkah engkau berulang kali mengucap mantra sakti “This too shall pass” saat ada beban yang menghimpit menghampiri? Saat engkau merasa dadamu sesak berasak-asak? Lalu engkau percaya bahwa semua akan baik-baik saja. Meski engkau tak tahu kapan hal itu akan terjadi.

Pasti sangat melelahkan bagimu.

Kawan, tidak ada yang salah saat kita ingin memercayai diri sendiri. Tidak ada yang salah tatkala engkau memotivasi diri bahwa segala duka ada kadaluarsanya. Tiada yang salah. Hanya saja, pesanku, tolong jangan memaksakan diri.

Jangan memaksakan diri untuk tampak baik-baik saja. Jangan memaksakan diri untuk tampak kuat dan bahagia. Padahal kamu tahu, kamu sedang tidak baik-baik saja. Padahal kamu tahu, kamu tidak sekuat dan sebahagia itu.

Kamu terus percaya bahwa kesedihanmu itu ada kadaluarsanya. Kamu pun menunggu dan terus menunggu. Padahal, andai saja kamu tahu, kamu bisa mengakhiri kesedihanmu dengan cepat jika engkau bersedia meminta bantuan.

Berhentilah bersikap keras pada dirimu sendiri. Berhentilah menjadi seseorang yang egois. Meminta bantuan, bukan berarti kamu lemah. Meminta bantuan, berarti kamu tahu batas kemampuanmu.

Hidup memang penuh dengan selaksa masalah. Saat yang satu selesai, maka akan muncul masalah berikutnya. Terus begitu. Melelahkan memang.

Tetapi, ingatlah. Jangan pernah menyerah. Jangan pernah merasa kalah. Tidak semua ‘medan pertempuran’ harus engkau menangkan. Kamu tidak diperintahkan untuk menghadapi semuanya sendirian.

Jika kamu merasa lelah, berhentilah. Istirahatlah sejenak. Carilah pertolongan. Jika teman, keluarga, dan sahabatmu tak lagi bisa diandalkan, datanglah ke profesional. Engkau berhak pulih dari rasa sakit yang menghimpit.

Jangan egois, Sayang. Kamu berhak bahagia dan dibahagiakan.

Peluk dan doaku untukmu yang saat ini dirundung kesedihan. Jangan pernah putus asa. Jangan pula memendam sedih dan sakitmu sendiri.

Barakallahu fiik.

Photo credit: kalypsoillustrations

SHARE:
Random Thought 0 Replies to “This Too Shall Pass”