Oktober 4, 2019

Berilmu Sebelum Meminum Susu

Bismillah

Sudah minum susu hari ini? Pasti tahu, kan manfaat meminum susu setiap hari? Dikutip dari fonterra, di situ disebutkan bahwa setidaknya ada 5 manfaat meminum susu bagi kesehatan kita. Apa saja tuh?

1. Menjaga kesehatan tulang

2. Menguatkan gigi

3. Memelihara kesehatan jantung

4. Mendukung berat badan yang sehat

5. Mengurangi depresi

Namun kali ini, kita tidak akan membahasnya lebih lanjut. Ada satu hal yang mungkin belum kita ketahui bersama, yaitu bagaimana sih adab meminum susu?

Mencontoh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam

Islam adalah agama yang sempurna. Segala sesuatunya telah diatur dengan sangat rinci dan detail. Mulai dari hal-hal yang sangat besar hingga ke hal-hal yang kecil pun telah ditetapkan aturannya. Demikian pula dengan meminum susu. Mungkin terdengar sepele “Ah, cuma minum susu saja, ribet banyak aturan”. Jangan salah … urusan buang hajat saja ada adabnya, apalagi meminum susu.

Kaitannya dengan meminum susu, Rasululullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah sebaik-baik teladan. Kalau kita mengaku mencintai beliau maka sudah selayaknya kita mengikuti apa yang beliau contohkan. Jangan sampai kita mengaku cinta, tetapi kita justru melakukan hal-hal yang tidak beliau contohkan.

Lalu, bagaimana adab meminum susu?

Adab Meminum Susu

1. Membaca tasmiyah (basmallah) sebelum meminum susu

instagram.com/capitanomilk

Sebenarnya, ini tidak hanya berlaku untuk meminum susu saja, tetapi hendaknya kita mengucap tasmiyah ketika akan melakukan berbagai aktivitas.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia membaca ‘Bismillah’ (dengan menyebut nama Allah). Jika ia lupa membacanya sebelum makan maka ucapkanlah ‘Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi’ (dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhir -aku makan-)” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi. Shahih)

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam juga bersabda:

“Setiap perkara (kehidupan)  yang tidak dimulai dengan BISMILLAAHIR-RAHMAANIR-RAHIIM, maka dia akan terputus. Artinya adalah kurang barakahnya”. (HR. Ibnu Hibban. Syaikh Abdul bin Baz rahimahullah mengatakan bahwa hadits ini hasan)

2. Berdoa setelah meminum susu

instagram.com/capitanomilk

Ada satu doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah minum susu. Bagaimana doanya?

اللهم بارك لنا فيه وزدنا منه

Allahumma barik lana fihi wa zidna minhu ( Ya Allah berilah keberkahan kepada kami dalam susu ini dan berilah kami tambahan susu)

Apa dalilnya?

Dalam satu riwayat disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

“Dan barang siapa yang telah Allah berikan kepadanya minuman berupa susu hendaknya berdoa setelah minum susu Allahumma barik lana fihi wa zidna minhu yang artinya Ya Allah berilah keberkahan kepada kami dalam susu ini dan berilah kami tambahan susu.”

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam juga bersabda, “Tidak ada satu pun makanan yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu”.

Hadits tersebut diriwayatkan oleh Ahmad dengan sanad yang shahih.

3. Berkumur-kumur setelah minum susu

adab minum susu
instagram.com/capitanomilk

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menganjurkan kita untuk berkumur-kumur setelah minum susu. Tujuannya apa? Agar sisa-sisa lemak yang ada dalam susu tidak menempel di gigi kita.

Dari Ibnu Abbas, “Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam setelah minum susu berkumur-kumur. Beliau lantas bersabda, ‘Sesungguhnya susu itu mengandung lemak’.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dr. Iftachul’ain Hambali, Sp., THT memaparkan mengenai manfaat berkumur setelah minum susu dalam bukunya Islamic Pineal Therapy. Seperti dikutip dari sini, beliau mengatakan bahwa susu mengandung zat kapur (Ca) yang cukup tinggi. Jika zat kapur tersebut terlalu banyak tertimbun di dalam gigi, akan menyebabkan pembentukan karang gigi. Akibatnya, gusi akan lebih mudah berdarah dan terinfeksi. Selain itu, susu mengandung protein yang jika tertimbun di dalam mulut atau celah gigi, akan menjadi media yang baik untuk pertumbuhan bakteri. Untuk itulah, beliau menganjurkan untuk menggosok gigi atau berkumur-kumur setelah meminum susu.

Nah, itu dia adab meminum susu. Dan ternyata terbukti bahwa apa yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam selaras dengan penelitian ilmiah.

Semoga bermanfaat.

Barakallahu fiik.

Referensi: artikel ustadzaris[dot]com

Photo credit: pexels.com

SHARE:
Adab 0 Replies to “Berilmu Sebelum Meminum Susu”