Mei 20, 2019

4 Ide Ngabuburit Ini Bikin Hidup Lebih Asyik

Bismillah

Bulan Ramadan, rasanya selalu identik dengan hal-hal yang menyenangkan dan membawa kebahagiaan tersendiri. Akan ada beberapa peristiwa yang rasanya sayang sekali untuk dilewatkan, salah satunya ngabuburit.

Pasti tidak asing dong dengan istilah ngabuburit? Salah satu trend hiburan yang fenomenal saat bulan Ramadan. Ngabuburit, biasanya diartikan sebagai waktu menunggu buka puasa yang biasanya diisi dengan melakukan berbagai kegiatan, seperti berburu takjil atau hanya sekedar jalan-jalan sore sambil menunggu bedug Magrib.

Ngabuburit asyik

Ngabuburit emang paling asyik kalau dilakukan bersama orang terkasih. Ngabuburit juga bisa menjadi ajang quality time keluarga di mana biasanya kita disibukkan dengan berbagai aktivitas pekerjaan yang menyita waktu dan Ramadan pun menyatukan dalam satu bingkai kebersamaan yang indah.

Namun, di antara quality time yang kita habiskan bersama keluarga, alangkah lebih baik kalau kegiatan ngabuburit asyik kita diisi dengan sesuatu yang tidak hanya bermanfaat bagi urusan duniawi kita, tetapi juga akhirat. Bukankah hidup ini terlalu singkat jika bersama kekasih hati selama di dunia saja? Padahal negeri akhirat itu kekal. Dan surga itu indah bila ditemani orang-orang tercinta.

Inilah ngabuburit asyik yang bisa kita lakukan sambil mendulang pahala di bulan yang penuh berkah ini.

1. Menghadiri majlis ilmu

Rasanya sayang sekali ya dears kalau bulan Ramadan terlewatkan begitu saja tanpa bisa menambah ilmu agama kita. Nah, kita bisa memanfaatkan moment kebersamaan keluarga dengan hadir di majlis ilmu.

Hayo siapa yang tidak ingin jiwanya tenang? Semua orang pasti mau kan? Sebagian orang mencari ketenangan jiwa dengan berada di diskotek dan berbagai hal yang melanggar syariat. Padahal itu semua hanya memberikan kesenangan sesaat. Menghadiri kajian ilmu ketika ngabuburit bisa menenangkan jiwa lho. Ketenangan jiwa itu diperoleh dengan iman dan hanya didapati di majlis ilmu syar’i.

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah membaca Kitabullah dan saling mengajarkan satu dan lainnya melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), akan dinaungi rahmat, akan dikeliling para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya.” (HR. Muslim)

Dan ingatlah pula hadits berikut:

“Barangsiapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, Allah akan mempermudah baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

Wah, asyik, kan? Menghadiri kajian yang membahas ilmu agama saja bisa mengantarkan kita ke surga. Siapa yang mau?

2. Membaca Al-Qur’an

Sebagaimana kita tahu bahwa bulan Ramadan adalah bulan Al-Qur’an. Oleh sebab itu, akan jauh lebih baik kalau kita memberi porsi yang lebih banyak di bulan ini untuk membaca, mentadaburi, dan mengamalkan apa yang ada di dalam Al-Qur’an.

Saya akan nukilkan sedikit tentang keutamaan membaca Al-Qur’an, di antaranya adalah:

a. Sebaik-baik manusia adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya,

b. Al-Qur’an adalah sebaik-baik ucapan,

c. Orang yang mahir membaca Al-Qur’an akan bersama para malaikat,

d. Orang yang membaca Alquran diibaratkan seperti buah utrujjah yang luarnya wangi dan dalamnya manis,

e. Al-Qur’an akan memberi syafaat kepada pembacanya.

Kalau kita sudah mengetahui keutamaan membaca Al-Qur’an, jangan ragu untuk melakukannya ya dears.

3. Membaca buku-buku agama yang bermanfaat dan menambah keilmuan

Membaca buku sih kelihatannya sepele ya, tetapi tahukah kamu dears? Membaca buku agama itu bisa memberi asupan gizi yang luar biasa untuk kita. Membaca di sini tidak hanya sebatas membaca tapi juga mengamalkan. Jika ada beberapa hal yang belum kita ketahui, kita bisa menanyakannya kepada orang yang lebih paham ilmu agama.

4. Berbagi kebahagiaan bersama orang-orang yang berada di bawah kita

Kita tentu tahu bahwa hanya dengan berbagilah maka kehidupan kita akan bahagia. Kekayaan dan harta yang kita miliki ini bukan sepenuhnya milik kita, tetapi hanya sekedar titipan dari Allah.

“Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar.” (QS. Al Hadiid: 7)

Kita tidak perlu khawatir kalau kalau harta kita berkurang. Karena Insya Allah, Allah lah yang akan menggantinya dengan yang lebih baik. Dan imbalannya tidak hanya di dunia saja lho dears, tapi juga di akhirat. Asyik, kan?

Nah, dears … Itu dia ngabuburit asyik yang bisa kamu coba bersama keluarga dan orang tercinta. Jadi daripada jalan-jalan sore yang nggak jelas, ganti saja ngabuburitmu dengan empat hal di atas.

Semoga bermanfaat.

Walllahu a’lam

Barakallahu fiikum

SHARE:
Blog Competition(s) 0 Replies to “4 Ide Ngabuburit Ini Bikin Hidup Lebih Asyik”