Langkah Membuat Blog, Mulai Darimana? Inilah Stepnya!
Langkah Membuat Blog, Mulai Darimana? Inilah Stepnya!

Langkah Membuat Blog, Mulai Darimana? Inilah Stepnya!

Langkah Membuat blog, apapun tujuannya. Sebaiknya dibangun dengan perencanaan yang matang. Rencana matang bukanlah sebuah konsep utuh yang harus dijabarkan secara spesifik. Namun perencanaan matang adalah tahu memulai darimana, bagaimana mengembangkannya dan dan kemana tujuannya.

Seperti halnya dengan kegiatan lain diluar sana. Blog membutuhkan perhatian serius. Namun tidak juga harus dijadikan sebagai beban.

Membuat blog harus dijalani sebagai sebuah kebutuhan. Anda melakukannya karena anda memang butuh. Anda akan merasa ada sesuatu yang kurang dalam hidup anda ketika tidak menjalani aktivitas blogging.

Lalu darimana sebaiknya kita mulai membuat blog?

Sebelumnya saya ingin sedikit bercerita. Bahwa sebelum membuat situs ini, saya sangat tidak paham tentang blog, apalagi website. Sampai saat ini pemahaman saya tidak mengalami perubahan signifikan.

Langkah Membuat Blog

  • Membuat blog pertama

Saya memulai membuat blog gratis dari wordpress. Namun tidak bertahan lama, tidak sampai 10 artikel saya berhenti. Saya kemudian membuat lagi masih blog gratis menggunakan blogspot. Lumayan lama, sekitar 4 bulan lalu akhirnya berhenti juga.

  • Penyakit Blogger pemula

Saya berusaha mencari tahu apa sebenarnya masalah yang sedang saya hadapi. Keinginan untuk terus menulis sangat tinggi. Namun ternyata hal itu tidak cukup menolong. Akhirnya pencarian saya menemukan titik terang yang sampai saat ini masih saya percayai bahwa hal itu benar.

Bahwa sesungguhnya ada penyakit blogger pemula dan saya mengalami hal tersebut. Beberapa penyakit saya hadapi pada saat membangun blog adalah tidak punya perencanaan matang. Sebagai orang awam yang tidak tahu dunia blogging saya tidak tahu harus memulai darimana.

Setiap saya menemukan tutorial tertentu, saya selalu mempraktikkan pada blog saya. Meskipun hal tersebut sebenarnya tidak dibutuhkan oleh blog saya sendiri. Saya hanya penasaran dan ingin mencoba. Alhasil, blog saya hancur tidak jelas bentuknya seperti apa.

  • Belajar dari kegagalan

Sebagai orang yang baru belajar membuat blog. Saya tidak patah semangat. Bahwa kesalahan saya dengan mencoba banyak hal adalah bagian dari proses yang saya jalani.

Saya harus mengatakan bahwa itu adalah bagian dari perjalanan sukses. Saya selalu berharap suatu saat nanti bisa sukses membuat blog yang disukai banyak orang. Sampai tulisan ini saya buat, saya masih belum merasakan hal tersebut.

Setelah dua blog gagal dengan platform berbeda. Saya malah berpikir untuk tidak lagi menggunakan blog gratis. Saya ingin membeli domain dan paket hosting. Saya ingin merasakannya juga, seperti apa memiliki domain dan paket hosting sendiri.

Saya mulai mencari penyedia paket hosting murah. Akhirnya jadilah blog saya dengan domain sendiri. Rasanya sangat senang, dan mulailah eksperimen berikutnya.

Satu tahun (masa paket hosting saya) akhirnya berakhir. Saya memutuskan untuk tidak melanjutkannya. Seperti pada saat menggunakan blog gratis. Pada saat menggunakan domain dan paket hosting yang saya sewa, penyakit saya tidak hilang.

Selalu mencoba menerapkan hal-hal yang saya temukan pada tutorial blogging yang saya baca. Akhirnya blog saya harus berubah wajah berkali-kali sampai akhirnya sekarang dan saya sendiri tidak berniat untuk menyelematkannya.

  • Coba sekali lagi

Setelah kematian blog dengan domain sendiri yang pertama kalinya. Saya tidak butuh waktu lama untuk memulai lagi. Satu minggu kemudian saya menyewa paket hosting dan domain baru lagi.

Saya mulai mencoba menentukan apa yang akan saya tulis, apa yang harus saya lakukan agar blog tersebut tetap hidup, dan apa tujuan saya.

Sampai saat ini blog tersebut masih ada, namun belum juga menemukan bentuk yang seutuhnya.

Penyakit blogger pemula masih ada dalam diri saya. Saya masih belum bisa keluar dari frame tersebut karena ternyata saya memang masih memulai.

Akhirnya sambil merawat blog tersebut. Saya memutuskan untuk membuat situs ini. Saya ingin berbagi banyak hal tentang dunia blogging. Saya tidak ingin orang lain terlalu lama mencapai kesuksesannya.
Sebagai kesimpulan

Pada akhirnya saya percaya sebuah kalimat motivasi bahwa “Apapun pekerjaan kita, selama kita menjalaninya dengan sungguh-sungguh maka nantinya akan membuahkan hasil”

Saya harus terus menjalani aktivitas blogging. Itu adalah cara terbaik yang saya miliki untuk menunggu hasilnya. Saya tidak akan pernah diam, akan terus berbuat dan tidak akan pernah menjadi beban.

Jadi ketika, pertanyannya memulai blogging darimana? Maka mulailah dari niat. Ketika ada perasaan untuk menyerah maka kembali lagi pada niat. Tidak akan pernah ada yang halangan yang tidak bisa kita lewati dengan niat yang benar.

Be a Smart Blogger!

About admin

Check Also

Cara Mengamankan Blog dari Serangan Hacker

Cara Mengamankan Blog dari Serangan Hacker

Cara Mengamankan Blog dari Serangan Hacker  – Serangan hacker merupakan isu sensitif di dunia maya. …